BPKP DIY Gelar Rapat Kerja

Selain sebagai media evaluasi atas kinerja yang telah dihasilkan selama tahun 2015, rapat kerja juga  menjadi ajang berdiskusi merumuskan berbagai hal. Demikian disampaikan Kepala Perwakilan BPKP DIY, Tytut Ratih Kusumo dalam sambutan pembukaan rapat kerja. Beliau juga minta seluruh pegawai mencermati kembali hasil survey kepuasan mitra kerja tahun 2014, catatan-catatan kekurangan kita harus menjadi perhatian untuk diperbaiki dan akan disandingkan dengan hasil survey kepuasan mitra kerja di tahun 2015. Sesuai tuntutan Perpres 192 dan sambutan Presiden pada hari KORPRI, BPKP harus siap memenuhi kebutuhan dan tuntutan mitra kerja, serta mempunyai rencana strategis untuk tahun 2015-2019. Seluruh pegawai harus bahu-membahu menghasilkan kinerja yang berkualitas.

Kesadaran pentingnya aspek hukum dan kehumasan dalam pelaksanaan tugas-tugas pengawasan menjadi perhatian serius dalam rapat kerja kali ini, untuk itu dihadirkan narasumber yang kompeten yaitu Kepala Biro Hukum dan Humas BPKP, Triyono Haryanto. Selain itu, rapat juga menghadirkan Ridha Mashudi Wibowo, Dosen Fakultas Ilmu Bahasa Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yang memberikan pencerahan bagaimana menulis laporan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Hasil evaluasi atas penyelenggaraan (maturitas) SPIP dan capaian kinerja Perwakilan BPKP DIY tahun 2015 menjadi salah satu materi yang dibahas dalam rapat kerja. Rapat kerja juga membahas hasil evaluasi atas penanganan risiko (RTP) tahun 2015 dan hasil re-assesment risiko serta RTP tahun 2016 di masing-masing bidang/bagian.  Guna membangun komunikasi seluruh pegawai dengan para role model dibuka sesi lebih dekat dengan role model. Khusus role model Peningkatan Kepemimpinan yang Efektif dan Visioner dikemas dalam bentuk Talk Show “Mata Nana” dengan tajuk Empat Puluh Menit bersama Kepala Perwakilan dipandu oleh salah satu PFA Perwakilan BPKP DIY, Ratna Wijihastuti.

Dalam talkshow, Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa pemimpin organisasi dan anggota organisasi ibarat sepasang kekasih. Apa yang menjadi tujuan pimpinan perlu mendapat dukungan seluruh anggota organisasi. Keinginan Kepala Perwakilan tidak muluk-muluk, harapannya ketika Perwakilan BPKP DIY menyatakan diri sebagai perwakilan yang dahsyat, dengan berbagai pemghargaan yang telah disandang, maka harus benar-benar dahsyat, sesuai dengan kondisi sesungguhnya. Di akhir sesi ini, seluruh pegawai berikrar untuk menjadi pemenang sejati.

Materi lain yang diangkat dalam rapat kerja adalah Overview Draft Renstra 2015-2019 dan Tapkin 2016, serta pemaparan hasil survey kepuasan pegawai dan mitra kerja yang keduanya menunjukkan hasil sangat memuaskan.

Rapat kerja ditutup dengan komitmen untuk melaksanakan seluruh kesepakatan hasil rapat kerja, dilanjutkan makan malam bersama dengan menu lele dan ikan hasil panen di saluran pengolahan air Perwakilan BPKP DIY. (Humas BPKP DIY/ros)