Entry Meeting dan Rapat Penyamaan Persepsi Penugasan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemda

TANJUNG SELOR - Kepala Perwakilan (Kaper) BPKP Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Rusdy Sofyan didampingi Korwas Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) dan tim melakukan entry meeting Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Pemerintah Daerah pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Entry meetingdilakukan bersama dengan Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara, H. Suriansyah yang didampingi oleh Inspektur Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Ramli, serta pimpinan dan jajaran staf dari Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Utaradi Ruang Kerja Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Senin (19/4).

Pada kesempatannya, Kaper BPKP Provinsi Kalimantan Utara,Rusdy Sofyan menyampaikan surat penugasan sekaligus memberikan penjelasan terkait latar belakang, maksud dan tujuan, serta tahapan pelaksanaan evaluasi perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah. Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara melalui Sekretaris Daerah, menyambut dengan baik pelaksanaan penugasan BPKP sebagai salah satu upaya dalam rangka melakukan perbaikan terhadap proses perencanaan dan penganggaran di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara.

Rangkaian penugasan evaluasi dilanjutkan dengan melakukan rapat penyamaan persepsi pada hari Selasa (20/4)antara Tim evaluasi bersama sembilan Perangkat Daerah yang terpilih menjadi sampel dalam evaluasi. Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Asisten II Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, dibuka oleh Inspektur Daerah Provinsi Kalimantan Utara, Ramli, yang didampingi oleh Kepala Biro Organisasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara. Dalam sambutan pembukaannya, Inspektur Daerah menyampaikan kepada peserta rapat agar dapat memahami proses evaluasi perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah yang disampaikan oleh Tim dari Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara, serta membantu pelaksananaan evaluasi ini dengan memberikan dokumen-dokumen dan penjelasan yang dibutuhkan oleh tim sehingga nantinya hasil evaluasi ini akan memberikan manfaat bagi pemerintah Provinsi Kalimantan Utara dalam penyempurnaan proses perencanaan dan penganggaran daerah.

Dalam Rapat ini Tim Evaluasi menyampaikan paparan terkait evaluasi perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah. Selanjutnya tim menyampaikan maksud dan tujuan evaluasi untuk memastikan adanya keselarasan perencanaan pemerintah daerah dan memastikan bahwa program, kegiatan dan anggaran dirancang secara efektif dan efisien untuk menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat. Tim juga menyampaikan tahapan dan metodologi pelaksanaan evaluasi mulai perencanaan sampai dengan pelaporan.

Rapat penyamaan persepsi diakhiri dengan diskusi antara tim evaluasi dan perwakilan perangkat daerah yang hadir. Dalam diskusi ini dibahas hal-hal terkait proses perencanaan dan penganggaran pada Pemerintah Provinsi Kalimantan Utara, termasuk kendala-kendala yang dihadapi dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran. Harapan dari peserta rapat agar kegiatan ini dapat memberikan rekomendasi yang bermanfaat untuk pencapaian sasaran strategis daerah serta perbaikan atas proses perencanaan dan penganggaran di masa yang akan datang.

 

(Kominfo BPKP Kaltara/Bidang APD)