Kegiatan Nuzulul Qur’an: Pegawai BPKP Kalimantan Utara Raih Juara 2 Lomba ‘Khutbah Jum’at’

TARAKAN – Bertempat di Aula Lantai 2, Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara, para pegawai Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara secara daring mengikuti kegiatan Nuzulul Qur’an Bulan Ramadhan 1445 H yang diselenggarakan oleh pengurus Masjid Ar-Raqiib BPKP, Senin (1/4/2024). Kegiatan dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dilanjutkan dengan sambutan Kepala Biro Umum dan keynote speech oleh Kepala BPKP.

Kegiatan Nuzulul Qur’an diisi dengan ceramah yang dibawakan oleh narasumber Prof. Dr. H. Agus Suradika, M.Pd., selaku Rektor Universitas Teknologi Muhammadiyah. Pada kesempatan ini, narasumber menyampaikan sejumlah poin penting untuk disadari oleh seluruh insan, yakni meyakini kebenaran Al-Qur’an, memperbanyak rasa bersyukur, memperluas logika berpikir dalam menafsirkan sesuatu, hingga pentingnya mempersiapkan bekal menghadapi kematian.

Pada salah satu poin yang disampaikan, narasumber menggambarkan peristiwa Isra’ Mi’raj sebagai acuan bagi kita untuk tidak menyimpulkan sesuatu dari logika berpikir yang sempit. Berpindahnya Rasulullah S.A.W. dari satu tempat ke tempat lain yang amat jauh dalam waktu singkat, merupakan satu wujud pengingat bagi kita bahwa segala sesuatu dapat terjadi atas kehendak Allah S.W.T. Pada poin lain,narasumber menyampaikan pentingnya menunaikan amal jariyah sebagai bekal bagi kita menghadapi kematian.

Tidak hanya ceramah, pada kegiatan ini juga diumumkan hasil lomba MTQ BPKP. Wakil dari Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Utara, Teguh Santosa Apriyanto, berhasil meraih juara 2 dalam lomba ‘Khutbah Jum’at’. Capaian tersebut diharapkan memacu semangat para pegawai untuk turut berkontribusi dalam setiap ajang dan kegiatan bermanfaat lainnya.

Kegiatan ditutup dengan doa bersama.

 

(Kominfo BPKP Kalimantan Utara)