JATENG GELAR DISKUSI PENYUSUNAN APBD 2021

Semarang (25/11), Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah menggelar Diskusi Penyusunan APBD 2021 Permasalahan dan Solusinya bagi para Pengguna/Admin SIMDA Keuangan di 20 kabupaten/kota di Jawa Tengah, bertempat di Aula Amarta lantai tiga. Diskusi dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Wasis Prabowo. Turut hadir sebagai peserta Kepala BKD Kabupaten Purbalingga Subeno.

Wasis Prabowo menyampaikan  bahwa BPKP sesuai tugas pokok dan fungsinya adalah melakukan pengawalan akuntabilitas pengelolaan keuangan dan pembangunan, sesuai Peraturan Presiden Nomor 192 tahun 2014. Tujuan Diskusi  Penyusunan APBD Tahun 2021 ini dalam rangka singkronisasi  Aplikasi Sistem Informasi Manajeman Daerah/SIMDA Keuangan yang sudah terbit versi terbaru yaitu Versi 2.9.0.2. agar para Admin di 20 kabupaten/kota di Jawa Tengah segera melakukan update, sehingga untuk penyusunan APBD Tahun 2021 diharapkan tidak ada keterlambatan.

Wasis menambahkan bahwa SIMDA Keuangan sudah dikembangkan dengan beberapa fitur yang terkoneksi antara lain fitur BLUD dan BOS, dan sudah diterapkan di beberapa daerah khususnya di Jawa Tengah. BPKP siap untuk melakukan pengawalan dan pendampingan terkait dengan hal tersebut, bila ada permasalahan silahkan dikonsultasikan. BPKP akan melakukan pemetaan  dan memfasilitasi terkait dengan sarana yang dibutuhkan untuk pengembangan Aplikasi SIMDA Keuangan. itulah tujuan diskusi ini dilaksanakan, karena dalam rangka memberikan yang terbaik bagi para Admin SIMDA, sesuai  dengan tagline yaitu BPKP Hadir Bermanfaat.  Terang Wasis.

Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah-I Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Heru Tarsila dalam kesempatan yang sama menyampaikan pengantar sebelum acara Diskusi Penyusunan APBD Tahun 2021 di Jawa Tengah. Heru menyampaikan  bahwa SIMDA Keuangan  akan terus berkelanjutan dan perkembangannya akan mengikuti peraturan yang ada. BPKP siap menampung dan menerima berbagai permasalahan  di daerah untuk dicarikan solusi  pemecahan  permasalahan bersama.  

Heru menambahkan bahwaUpdate Aplikasi SIMDA Keuangan Versi 2.9.0.2 meliputi pemutakhiran klasifikasi, kodefikasi dan nomenklatur sesuai Kepmendagri Nomor 050-3708 Tahun 2020, serta Laporan Pemda dan Penjabaran APBD 2021, terang Heru.

Diskusi dilanjutkan dengan mendengarkan keluhan saran maupun pertanyaan, serta mendengarkan testimoni dari para pengguna SIMDA Keuangandi 20 kabupaten/kota di jawa Tengah, dengan dipandu oleh Moderator Sidik Murdoko, PFA Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Perwakilan BPKP Jateng.

(Kominfo BPKP Jateng/Din)