BPKP Bengkulu Kuatkan Maturitas SPIP Pemkot Bengkulu

Bengkulu (22/11) - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu menjadi narasumber dalam kegiatan Sosialisai Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Daerah dan Workshop Penilaian Mandiri Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi Pada Pemerintahan Kota Bengkulu.

Dibuka oleh Walikota Bengkulu Helmi Hasan kegiatan sosialisasi dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Bengkulu Arif Gunadi, Inspektur Kota Bengkulu Eka Rika Rino serta seluruh Kepala DIinas dan Bagian Perencanaan masing-masing OPD.

Dalam paparannya Kepala Perwakilan menjelaskan bahwa fokus pengawasan BPKP adalah mengawal tercapainya tujuan pembangunan. BPKPberperan memastikan perencanaan dan penganggaran dirancang secara efektif dan efisien untuk menghasilkan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat.

Keterbatasan sumber daya menuntut langkah-langkah efisiensi, sehingga perluadanya refocussing program/kegiatan dan penganggaran untuk memastikan setiap rupiah belanja pemerintah berdampak secara optimalterhadap pencapaian pembangunan nasional dan pertumbuhan ekonomi nasional. Ditegaskan Kepala Perwakilan, BPKP siap mengawal akuntabilitas APBN dan APBD.