BPKP Bengkulu Koordinasi Penilaian Mandiri Maturitas SPIP Terintegrasi Pada Pemkab Kaur

KAUR (01/02/2024) - Perwakilan BPKP Bengkulu melakukan koordinasi terkait Penilaian Maturitas SPIP dengan Pemerintah Kabupaten Kaur.

Koordinasi dilaksanakan oleh Koordinator Pengawasan Bidang APD, Hendra Cipta, Auditor MadyaBidang APD, Elfrida Nainggolan beserta jajaran Tim Bidang APDdari. Sedangkan dari Kabupaten Kaur dihadirioleh Sekretaris Daerah, Ersan Syahfiri, Staf Ahli Bupati, Hellitza Okkie, beserta Jajaran Kepala OPD Kabupaten Kaur. Koordinasi dilaksanakan di Kantor Bupati Kaur dan Ruang Aula Inspektorat Kabupaten Kaur.

Tujuan dilaksanakannya koordinasi ini adalah untuk memulai persiapan proses atau tahapan penilaian mandiri bagi OPD di Kabupaten Kaur serta Pernyatakan Komitmen para pimpinan OPD yang terkait. Hendra Cipta menekankan pentingnya komitmen serta kolaborasi didalam internal OPD hingga antar OPD dalam proses persiapan ini, mulai dari penyusunan dokumen perencanaan hingga proses penilaian mandiri itu sendiri selesai dilakukan. Sekretaris Daerah, Ersan Syahfiri menyatakan dukungan atas proses keseluruhan dari tahapan penilaian SPIP yang akan dilakukan dan memberikan komitmen dalam setiap prosesnya. Selain itu Hellitza Okkie juga menyatakan pentingnya kegiatan ini untuk dapat memberikan gambaran awal terkait keseluruhan proses yang akan dilakukan.

Kegiatan Koordinasi ini dilakukan dengan cara diskusi secara dua arah agar mendapat pertukaran informasi sehingga mendapat gambaran terkait penyelenggaraan SPIP pada Pemerintah Kabupaten Kaur. Pada hari pertama koordinasi dilakukan bersama dengan Sekretaris Daerah dan pada hari kedua dilakukan bersama Staf Ahli dan jajaran Kepala OPD Kabupaten Kaur. Kedua kegiatan diawali dengan penyampaian hasil penilaian SPIP Terintegrasi tahun 2023 pada Kabupaten Kaur beserta Area of Improvement yang teridentifikasi dan dilanjutkan dengan sesi diskusi terbuka terkait kendala-kendala yang sedang dialami agarkedepannya dapat diselesaikan bersama.