Pengawasan Lebih Terarah Dimulai Dari Perencanaan yang Baik

PADANG – Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat menyelenggarakan Workshop Penyusunan Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR) pada Inspektorat di Wilayah Provinsi Sumatera Barat. Workshop PPBR ini dihadiri oleh SDM Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) Daerah di Sumatera Barat, Selasa (30/1).

Koordinator Pengawasan Bidang P3A R.Agus Prasetyo Budi, membuka langsung acara tersebut. Ia berharap dengan terselenggaranya workshop ini, maka Aparat Pengawasan Pemerintah Daerah (APIP) dapat menyusun dokumen Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) Berbasis Risiko Tahun 2024. APIP harus mampu memberikan peringatan dini early warning system, serta perbaikan tata kelola menuju pemerintah yang bersih dan akuntabel. Keberadaan APIP di daerah diharapkan dapat memberikan solusi dalam menghadapi masalah/isu strategis yang dihadapi pemerintah daerah.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh narasumber dari Bidang P3A BPKP Sumbar meliputi Strategi Peningkatan Kapabilitas APIP, Overview PPBR dan Kertas Kerja PPBR. Selanjutnya dilaksanakan diskusi dengan peserta workshop.

 

Tim Kominfo BPKP Sumbar