BPKP Konsisten Kawal Sektor Ketahanan Pangan Nasional

Ketahanan Pangan kembali menjadi salah satu fokus utama Agenda Prioritas Pengawasan BPKP di Tahun 2024 di tengah upaya Pemerintah dalam mengakselerasi pertumbuhan dengan mewaspadai dinamika ketidakpastian global. Provinsi Sumatera Utara yang merupakan salah satu sentra produksi pangan dan backbone ketahanan pangan nasional menjadi salah satu provinsi yang menjadi sampel pengawasan BPKP. Memulai kegiatan pengawasan BPKP, Bapak Evenri Sihombing selaku Direktur Investigasi I bersama tim melakukan rangkaian koordinasi pada tanggal 5 s.d. 7 Februari 2024.

Bertempat di Kantor Inspektorat Provinsi Sumatera Utara dan Kantor Bupati Deli Serdang, kegatan dihadiri oleh jajaran Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah yang terkait langsung dengan ketahanan pangan. Pada kesempatan tersebut BPKP menyampaikan overview hasil pengawasan atas sektor ketahanan pangan di wilayah Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2023,serta kegiatan pengawalan untuk tahun 2024 dengan fokus tema on-farm. Beberapa poin yang menjadi perhatian diantaranya sehubungan dengan grand design ketahanan pangan, analisis kebijakan dan anggaran,serta evaluasi efektivitas program.

 

   

 

BPKP juga berkolaborasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sumatera Utara dan Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Deli Serdang,diantaranya terkait hasil sensus pertanian tahap I yang telah dirilis pada Desember 2023 untuk memperoleh gambaran keadaan sektor pertanian yang semakin akurat dan komprehensif.

Diharapkan dengan semakin intensnya koordinasi pengawasan antara BPKP dengan para stakeholder, dapat mengawal pencapaian tujuan ketahanan pangan di Provinsi Sumatera Utara secara khusus serta menyukseskan cita-cita Indonesia dalam mencapai kedaulatan pangan.

#Tim Direktorat Investigasi I