BPKP Provinsi Gorontalo Entry Meeting Evran dan Sosialisasi KITA PE DASHBOARD ke Walikota Gorontalo

Kunjungan tersebut dalam rangka entry meeting penugasan evaluasi perencanaan dan penganggaran (Evran) yang akan dilaksanakan oleh tim Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo serta mensosialisasikan aplikasi Peningkatan Kualitas Budget Controlling Melalui Penggunaan Dashboard Pengelolaan Keuangan Daerah “KITA PE DASHBOARD”. Kaper beserta rombongan di terima dengan hangat oleh Walikota Gorontalo Marten Taha beserta jajarannya di rumah dinas Walikota Gorontalo.

Dalam kesempatan tersebut, Heru Tarsila menyampaikan bahwa penugasan Evran ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden dalam Rakornaswasin tanggal 14 juni 2023, dimana BPKP diminta untuk memastikan setiap rupiah yang dibelanjakan dari APBN dan APBD dirancang secara konkret dan produktif. Beliau juga menjelaskan tujuan dari evaluasi perencanaan dan penganggaran yaitu untuk menilai potensi ketercapaian kinerja sasaran pemerintah daerah dan menilai apakah program/kegiatan dapat menghasilkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat serta memberikan saran perbaikan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi anggaran pada Kota Gorontalo.

Kaper juga mensosialisasikan tentang Peningkatan Kualitas Budget Controlling Melalui Penggunaan Dashboard Pengelolaan Keuangan Daerah “KITA PE DASHBOARD”. Kita Pe Dashboard adalah rancangan proyek perubahan yang sedang dilaksanakan oleh Kepala Perwakilan pada Pelatihan Kepemimpinan Tingkat II Tahun 2023 di LAN Makassar.

Pada kesempatan ini juga, Walikota Gorontalo Marten Taha mengucapkan terimakasih serta sangat mengapresiasi atas rencana penugasan Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran (Evran) pada Kabupaten Gorontalo Tahun 2023 tersebut. Menurutnya, hasil evaluasi ini nantinya akan dapat dijadikan bahan perbaikan bagi proses perencanaan dan pengawasan Kota Gorontalo agar menjadi lebih baik lagi.

Marten juga secara terbuka mendukung sepenuhnya proyek perubahan yang digagas oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo Heru Tarsila yang berjudul Kita Pe Dashboard, menurutnya dengan adanya Kita Pe Dashboard ini akan lebih memudahkan pemerintah khususnya Kota Gorontalo dalam melakukan budget controlling.

Di akhir kegiatan, Marten berkomitmen dan memerintahkan kepada Sekda untuk memfasilitasi kebutuhan data dan informasi dalam rangka menunjang kelancaran penugasan evaluasi perencanaan dan penganggaran yang akan dilaksanakan oleh tim Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo.