BPKP Malut Dampingi Pemkab Halteng Operasikan Aplikasi SISKEUDES Versi Terbaru

TERNATE (28/03/2024) – Pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah bekerja sama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara untuk menyelenggarakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi SISKEUDES Versi 2.0.6b berdasarkan Permendagri Nomor 20 Tahun 2018 tentang Pengelolaan Keuangan Desa. Kegiatan diselenggarakan selama tiga hari mulai hari Senin s.d. Rabu 25 s.d. 27 Maret 2024 dan diikuti oleh peserta dari 132 desa se-Kabupaten Halmahera Tengah.

Coaching Clinicdibuka oleh Bapak Bahri Sudirman selaku Sekretaris. Dalam sambutannya disampaikan pesan dari Bapak Ikram Sangadji, Bupati Halmahera Tengah, “Bupati percaya bahwa perangkat desa telah melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya sebagaimana yang diharapkan. Aparat desa juga harus memahami regulasi baru yang sudah diakomodir dalam Aplikasi Siskeudes terbaru”. Bapak Bahri juga berpesan agar pengelolaan keuangan desa dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Sambutan berikutnya disampaikan oleh Bapak Albertus Mugi Susanto selaku Koordinator Pengawasan Bidang APD BPKP Malut. Bapak Mugi menjelaskan bahwa Siskeudes terbaru Versi 2.0.6b. telah memiliki tambahan fitur baru dan output laporan. Namun demikian, jika proses input tidak tertib, maka kualitas output menjadi berkurang. Diharapkan desa melakukan input pada aplikasi secara berkala dan tertib.

Pada hari Selasa sampai dengan Rabu kegiatan berfokus pada pengoperasian Aplikasi SISKEUDES versi terbaru. Kegiatan langsung didampingi oleh tim dari Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara yang dibagi menjadi 2 (dua) kelas pada Hotel Grand Majang, Ternate. Bapak Argi Hermansyah selaku Ketua Tim dari BPKP Malut, mengingatkan kepada seluruh perangkat desa untuk melakukan penginputan secara benar dan akuntabel sehingga akan mempermudah proses penatausahaan dan pertanggungjawaban di kemudian hari.

Dengan diselenggarakannya pelatihan aplikasi Siskeudes versi terbaru, Bapak Mustami Jamal selaku Kadis DPMD, berharap adanya peningkatan kompetensi dalam mengelola keuangan desa dan dapat menyelesaikan penginputan dalam aplikasi.

(Kominfo BPKP Malut/ Hafizh)