BPKP Malut Lakukan Profiling Risiko Fraud pada Penyediaan Akses dan Kapasitas Jaringan Internet

Kegiatan Penyediaan Akses dan Kapasitas Jaringan Internet merupakan salah satu Agenda Prioritas Pengawasan (APP) BPKP Tahun 2022. Kegiatan tersebut bertujuan menyediakan akses internet secara gratis pada lokasi-lokasi yang tidak ada akses internet (Blank Spot). Kegiatan tersebut dikelola oleh Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI). Dalam perencanaan kegiatan, BAKTI membuka partisipasi dari satuan kerja perangkat daerah untuk melakukan pengusulan titik lokasi penerima program penyediaan akses dan kapasitas jaringan internet secara daring melalui aplikasi PASTI BAKTI.

Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melaksanakan kegiatan Profiling Risiko Fraud atas Kegiatan Penyediaan Akses dan Kapasitas Jaringan Internet di wilayah Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 25 dan 27 April 2022 di Kantor Dinas Kominfo, Persandian, dan Statistik Kota Tidore Kepulauan. Kegiatan profiling risiko fraud berupa FGD yang melibatkan pihak-pihak terkait yaitu Kepala Dinas, Kepala Bidang Informatika, Administrator Aplikasi PASTI BAKTI, dan perwakilan lembaga penerima bantuan akses internet.

Hasil profiling risiko fraud berupa Daftar Risiko Fraud yang memuat risiko teridentifikasi, tingkat risiko, dan pengendalian tambahan yang diperlukan. Dengan tersusunnya daftar risiko fraud, diharapkan dapat mencegah terjadinya fraud (korupsi) dalam pelaksanaan Kegiatan Penyediaan Akses dan Kapasitas Jaringan Internet.

(Kominfo BPKP Malut/Mei)