BPKP Audit Pengadaan Tanggap Darurat Bencana Banjir di Halmahera Barat

Halmahera Barat (16/12/2023) - Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Maluku Utara melakukan audit terkait pengadaan tanggap darurat bencana banjir yang terjadi di Ibu Selatan, Halmahera Barat. Audit ini dimulai pada tanggal 13 Desember 2023. Aspek dalam audit ini meliputi aspek pengelolaan dana, dan pelaksanaan program tanggap darurat.
 
Perwakilan BPKP Provinsi Maluku Utara melakukan audit ini sebagai respons terhadap permintaan dari pihak Balai Wilayah Sungai Maluku Utara terkait audit pembayaran pengadaan tanggap darurat. Sejak 13 Desember, tim audit BPKP terlibat dalam penelusuran dan analisis mendalam terkait pelaksanaan kebijakan tanggap darurat, transparansi penggunaan dana, serta kinerja lembaga-lembaga terkait.
 
Tim audit BPKP Malut juga berencana melakukan pemeriksaan dokumen, wawancara dengan pihak terkait, serta survei lapangan untuk memastikan bahwa proses pengadaan berjalan sesuai dengan aturan dan standar yang berlaku. Hasil audit ini diharapkan dapat memberikan gambaran yang akurat mengenai efektivitas upaya tanggap darurat yang ditetapkan oleh pemerintah setempat.
 
(Kominfo BPKP Malut/Arief A)