BPKP Sulbar Penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen ZI menuju WBK/WBBM

Dalam rangka menyongsong pelaksanaan pengawasan tahun 2024, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan penandatanganan Pakta Integritas dan Komitmen Pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) / Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM).

Pakta Integritas merupakan kegiatan tahunan yang wajib diikuti oleh seluruh Insan di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat. Berisikan janji dan komitmen seluruh pegawai akan tugas dan kewajibannya dalam melakukan perkejaan, kegiatan ini menjadi sakral terutama bagi auditor, sedangkan Zona Integritas (ZI) merupakan sebutan atau predikat yang diberikan kepada kementerian, lembaga dan pemerintah daerah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai niat (komitmen) untuk mewujudkan WBK dan WBBM melalui upaya pencegahan korupsi, reformasi birokrasi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Acara yang dipandu oleh Berliana Irmadani dan dipimpin langsung oleh Kepala Perwakilan Harry Bowo, dihadiri oleh Kepala Bagian Umum, seluruh koordinator pengawasan, subkoordinator, dan pegawai dilingkungan BPKP Sulbar.

Dalam sambutan dan arahan, Kaper BPKP Sulbar Harry Bowo menekankan agar kegiatan penandatangan Pakta Integritasdan Komitmen Pembangunan ZI menuju WBK/WBBMtidak hanya dijadikan seremonial, namun harus dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dengan menggunakan nilai BERAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif), dan nilai-nilai BPKP yaitu PIONIR (Profesional, Integritas, Orientasi pada hasil, Nurani dan akal sehat, Independen dan Responsibel) serta menaati peraturan di lingkungan BPKP dan peraturan ASN pada umumnya.

Harry Bowo menutup sambutan dengankata-kata bahwa “tidak penting apa yang telah kamu pikirkan, yang penting adalah apa yang telah kamu lakukan”. Dalam konteks sebagai auditor dan pegawai BPKP, melalui acara penandatanganan Pakta Integritasdan Komitmen Pembangunan ZI menuju WBK/WBBMini Harry Bowo mengharapkan agar insan BPKP harus berintegritas dalam melaksanakan pengawasan.

Acara ditutup dengan pembacaan Do’a.

 

RA