BPKP Tegaskan Sinergitas antar OPD dalam tangani Inflasi Daerah di Babel

BANGKA BELITUNG - Kepala Perwakilan BPKP Babel Faeshol Cahyo hadir pada High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang digelar oleh Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kegiatan ini di Buka langsung oleh Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Safrizal ZA di Ruang Rapat Swiss Bell Hotel.
High Level Meeting TPID ini Membahas Ketersediaan Stok dan Kelancaran Distribusi Bahan Pangan, BBM serta persiapan Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Dalam arahanya Safrizal menyampaikan, bahwa inflasi di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sebesar 3,87 persen pada bulan ( November 2023 atau year on year /yoy).

Hal ini dapat dilihat dari harga barang kebutuhan pokok yang dapat terjaga, kecuali beberapa komoditas terlihat mengalami kenaikan harga seperti beras dan cabai. Untuk mengendalikan inflasi dengan memanfaatkan APBD dengan intervensi pasar untuk mengurangi gejolak harga seperti beras dengan semua OPD terkait.

Dalam hal ini Kaper BPKP Babel Faeshol menyampaikan Anggaran, Realisasi, dan Proporsi anggaran Roadmap Pengendalian Inflasi Daerah, serta hambatannya. Saran yang disampaikan antara lain agar kerja sama antar daerah dipertegas dengan kerja sama antar OPD terkait sehingga bisa terrealisasi, terutama untuk bahan makanan yang masih tergantung dari daerah di luar Bangka Belitung.