BPKP Kepri Satukan Langkah Persiapan Timda EPPD Tingkat Provinsi

BATAM (15/3/2024) - Tim Daerah Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah melakukan Rapat Koordinasi Persiapan Evaluasi LPPD Tahun 2023 dilaksanakan di Kota Tanjung Pinang Kepulauan Riau pada Hari Jumat, 8 Maret 2024.

Rapat dibuka oleh Kepala Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Riau yang menyampaikan harapan agar pelaksanaan evaluasi dilaksanakan segera setelah tanggal terakhir penyerahan LPPD Tahun 2023 yaitu 31 Maret 2024. Tujuan rapat ini adalah memperkenalkan perubahan definisi Indikator Kinerja Kunci (IKK) dan penyamaan persepsinya.

BPKP Kepri yang diwakili Korwas APD Priyanta Eka Nugraha menyampaikan apresiasi terhadap hasil EPPD Tahun 2022 yang menghantarkan Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau meraih peringkat 10 terbaik dengan predikat tinggi. Tentu saja ini tidak terlepas dari upaya Pemprov Kepri dalam merespon penyediaan data-data yang mendukung IKK dengan cepat dan akurat.

Dari BPS Provinsi Kepulauan Riau juga menyampaikan enam indikator makro ekonomi pada 8 pemda di wilayah Provinsi Kepulauan Riau. Secara umum indikator pertumbuhan ekonomi mengalami kenaikan, dan bahkan pada level Provinsi, pertumbuhan ekonomi Kepulauan Riau di atas pertumbuhan ekonomi nasional untuk tahun 2023. Tentu saja ini menjadi modal positif untuk pencapaian nilai lebih baik atas LPPD Tahun 2023

Acara dihadiri BPKP Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau, Biro Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Kepulauan Riau, dan Bagian Tata Pemerintahan Setda Kab/Kota se wilayah Provinsi Kepulauan Riau.  Pada akhir sesi, BPKP Kepri menyajikan poin poin kritis definisi TDI dan data-data yang anomali berdasarkan pengalaman evaluasi Tahun 2023 atas LPPD Tahun 2022.

 

Kominfo BPKP Kepri