Natuna Sambut Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran Tahun 2024

RANAI (26/02/2024) - "Kondisi geografis sebagai pemda terluar, Kabupaten Natuna dihadapkan pada tingginya ongkos transportasi yang berdampak pada masih rendahnya pertumbuhan ekonomi Natuna di tahun 2023 yang mencapai 0,11%. Ongkos transportasi tinggi berdampak pada rendahnya lalu lintas orang masuk keluar natuna, tinggi hunian rendah, belanja konsumsi pariswisata rendah yang pada akhirnya mempengaruhi pertumbuhan ekonomi" demikian disampaikan Bupati Natuna, Wan Siswandi saat menerima Kepala BPKP Perwakilan Provinsi Kepri Mardiyanto Arif, Korwas APD Priyanta Nugraha dan tim evaluasi perencanaan dan penganggaran tahun 2024.

Tidak hanya sektor ekonomi, dengan profil kabupaten kepulauan menjadi tantangan utama dalam layanan kesehatan. pendidikan, dan infrastruktur yang menjadi pilar upaya intervensi spesifik dan sensitif untuk penanganan prevalensi stunting di Natuna pungkas Bupati Natuna.

Merespon hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Kepri menyampaikan kunci utama menghadapi kondisi geografis tersebut adalah dengan melakukan perencanaan program/kegiatan yang tepat, memastikan setiap rupiah anggaran yang direncanakan menghasilkan output yang pada akhirnya mendukung pencapaian Ultimate Outcome. Tujuan evran adalah agar Pemda dapat menyusun perencanaan dan penganggaran yang mendukung pencapaian ultimate outcome serta memastikan program, kegiatan, dan subkegiatan dirancang secara efisien dan efektif.

Disamping melaksanakan evran tahun 2024, Tim BPKP Kepri juga melaksanakan evaluasi akuntabilitas keuangan desa yang menyasar pada desa yang berstatus tertinggal., maju dan mandiri yang bertujuan mengevaluasi efektivitas PKTD dan kegiatan belanja barang diserahkan kepada masyarakat dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat serta

Pada kesempatan itu, Bupati Natuna juga menyampaikan permintaan kepada BPKP Kepri untuk melaksanakan kegiatan pengawasan optimalisasi pendapat asli daerah berkolaborasi dengan Inspektorat Daerah.  Harapan Bupati Natuna, dengan kerjasama ini dapat menyokong upaya Kabupaten Natuna dalam rangka peningkatan kemandirian fiskal dan kapasitas fiskal Kabupaten Natuna dapat bertambah setiap tahun.

 

Kominfo BPKP Kepri