PENGUATAN PENERAPAN SPIP TERINTEGRASI PERPUSTAKAAN NASIONAL

Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) yang telah dimulai sejak Tahun 2008 membutuhkan penguatan-penguatan agar dapat terus dilaksanakan secara memadai dan efektif. Demikian juga penerapan SPIP di Perpustakaan Nasional (Perpusnas) membutuhkan penguatan agar penerapannya dapat berjalan dengan baik, mengingat dalam waktu dekat sudah akan dimulai penilaian mandiri maturitas penyelenggaraan SPIP Terintegrasi Tahun 2024.

Oleh karena itu, pada hari Selasa, tanggal 26 Maret 2024, bertempat di Ruang Aula Perpusatakaan Nasional, Salemba, Jakarta diselenggarakan kegiatan Penguatan SPIP Terintegrasi yang dibuka oleh Sekretaris Utama Perpustakaan Nasional, Bapak Joko Santoso dan dilanjutkan dengan nara sumber dari BPKP, yaitu Auditor Utama BPKP, Bapak Agus Sukiswo, didampingi Auditor Madya BPKP, Agus Hardja Santana, yang dihadiri oleh Sekretaris Utama, Para Deputi, Inspektur, Para Kepala Biro, Direktur, dan Kepala Pusat beserta Staf Perpusnas.

Dalam paparannya Bapak Agus Sukiswo menekankan perlunya komitmen pimpinan, yaitu para deputi dan para pimpinan unit kerja memantau penyelenggaraan SPIP Terintegrasi di unit kerjanya masing-masing yang didorong oleh APIP/Inspektorat agar tujuan-tujuan organisasi dapat tercapai dengan baik. APIP diharapkan dapat berperan untuk memberikan keyakinan memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi dan efektivitas pencapaian tujuan instansi pemerintah, memberikan masukan yang dapat memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola instansi pemerintah, serta memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko. Jadi manajemen bertanggung jawab dalam membangun dan menilai dan meningkatkan kualitas SPIP, sedangkan APIP/Inspektorat bertanggung jawab dalam melakukan evaluasi terpisah atas kualitas SPIP.

Selain itu, ditekankan bahwa penyelenggaraan SPIP tidak sekadar kewajiban, namun sebuah kebutuhan organisasi. SPIP menjadi sebuah budaya organisasi yang melekat dalam bisnis proses organisasi. Jadi SPIP bukan hanya terkait pengendalian intern saja, namun mencakup proses tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian (governance, risk, and control).

Paparan Penguatan SPIP Terintegrasi yang disampaikan Bapak Agus Sukiswo mendapatkan apresiasi dari Bapak Sekretaris Utama dan Para Pejabat Tinggi Madya dan Pratama Perpusnas, terutama dari Kepala Biro Hukum, Organisasi, Kerjasama, dan Humas, Ibu Sri Marganingsih selaku Koordinator Penyelenggaraan SPIP Perpusnas.