Kepala BPKP: Tantangan Berkelanjutan Akan Selalu Dihadapi BPKP dalam Melakukan Pengawasan

 

 

Kepala BPKP: Tantangan Berkelanjutan Akan Selalu Dihadapi BPKP dalam Melakukan Pengawasan

Kepala BPKP, M. Yusuf Ateh menyampaikan hal tersebut pada Raker Evaluasi Kinerja Tahun 2023, dan Rencana Pelaksanaan APP Tahun 2024, lingkup Kedeputian Perekonomian dan Kemaritiman (D1) serta Polhukam PMK (D2), pada Hari Kamis, 22 Februari 2024, di Aula Pusdiklatwas BPKP, didampingi Bapak Deputi Polhukam PMK, Bapak Iwan Taufiq Purwanto dan Kapusdiklatwas BPKP, Ibu Ersi Soenarsih.

Menurut Kepala BPKP di hadapan Para Direktur, Auditor Utama, Koordinator Pengawasan dan peserta raker lingkup D1 dan D2, pengawasan BPKP menghadapi tantangan berkelanjutan karena adanya tantangan yang selalu berubah, dan harus selalu lebih baik ke depannya. Beberapa area yang perlu terus diperbaiki antara lain pemahaman  proses bisnis dan profil risiko KLD yang diawasi, proses reviu berjenjang masih perlu diperbaiki, pengolahan data untuk mendukung analisis hasil pengawasan, dan kemampuan komunikasi hasil pengawasan.

Pada kesempatan kali ini Kepala BPKP juga berpesan agar terus mengembangkankebermanfaatan BPKP pada seluruh stakeholder, merancang strategi delivery sejak awal, memprioritaskan kinerja utama, dan mengelola sumber daya manusia dan anggaran dengan baik. Tak kalah penting adalah benar-benar melaksanakan Manajemen Penugasan Pengawasan secara konsisten.

 

Sebelum mengakhiri arahan, Kepala BPKP menegaskan bahwa strategi tersebut di atas agar dilaksanakan untuk meningkatkan kualitas hasil pengawasan, dan menciptakan pemerataan kualitas hasil pengawasan yang bermanfaat bagi stakeholder,dalam rangka mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan nasional.