Visitasi Pengawasan APP Triwulan III Kedeputian Polhukam PMK BPKP di Kabupaten Karimun dan Bintan

Visitasi ini bertujuan untuk memperkuat desain pengawasan dalam rangka pelaksanaan APPBPKP tahun 2022, selain memberikan saran kepada Kepala Daerah dan Pimpinan terkait atas hal-hal yang perlu memperoleh perbaikan. Pengawasan yang dilakukan visitasi diantaranya Reviu atas Penyediaan Akses dan Kapasitas Jaringan Internet, Evaluasi atas Peningkatan Sarana dan Prasarana Pendidikan Tahun 2022, Reviu atas Pembangunan Base Transceiver Station (BTS) dan Infrastruktur Pendukungnya, Evaluasi Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2022, serta Evaluasi Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Deputi Kepala BPKP PIP Bidang Polhukam PMK, Iwan Taufiq Purwanto memimpin visitasi pengawasan di Kabupaten Bintan. Visitasi di awali dengan kunjungan ke SMP 11 Tanjung Uban, Bintan,yang memiliki kondisi sarana dan prasarana rusak,dilanjutkan ke SMP 13 Bintan, dan MTsS At Taqwa Bintan. Visitasi dilanjutkan dengan mengunjungi Desa Sri Bintan dan Desa Penaga Kampung Tanah Merah untuk melakukan evaluasi Program Percepatan Penurunan Stunting, simultan dengan Pengadaan BTS-AI, serta Percepatan Penghapusan Kemiskinan Ekstrem.

Di Pulau Karimun, tim BPKP Pusat bersama dengan tim Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau melakukan visitasi pengawasan ke beberapamitra pengawasan BPKP. Visitasi diawali dengan entry meeting di Inspektorat Daerah Kabupaten Karimun. Selanjutnya, tim mengunjungi madrasah dan sekolah untuk mengecek kondisi sarana dan prasarana. Tim juga mengunjungi Dinas Sosial Kabupaten Karimun untuk mengecek ketersediaan data terkait Program Percepatan Penurunan stunting. Visitasi Pengawasan di akhiri dengan visitasi ke area “akses internet baru” dan tower BTS komunikasi.

Diharapkan dari kegiatan visitasi pengawasan terhadap program-program strategis dan prioritas pemerintah dapat memantapkan pemenuhan Agenda Prioritas Pengawasan BPKP Tahun 2022 sehingga BPKP dapatmemberikan rekomendasi yang tepat sehingga makin bermanfaatbagi para stakeholdernya.

(Nazar/d2/mp)