Kaper BPKP Papua Paparkan Strategi Peningkatan Maturitas SPIP pada Rakorwasda Kota Jayapura

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Sueb Cahyadi, menghadiri Rapat Koordinasi Pengawasan Daerah (Rakorwasda) dan Pemutakhiran Data Tindak Lanjut Hasil Pemeriksaan (TLHP) Tahun 2019 yang diselenggarkan oleh Pemerintah Kota Jayapura di Hotel Aston Jayapura pada hari Rabu, tanggal 20 Februari 2019. Kegiatan ini dihadiri oleh sekitar 500 peserta yang diantaranya hadir Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano (BTM), Ketua DPRD Kota Jayapura dan beberapa Anggota DPRD, Kejaksaan Negeri Jayapura, Liberth Lopuhaa, Kepala OPD, Kepala Kampung, PPTK, Bendahara, dan Inspektorat sebagai penyelenggara.

   

Sueb Cahyadi memaparkan strategi peningkatan maturitas SPIP pada Pemerintah Kota Jayapura, sejalan dengan keinginan Walikota Jayapura, BTM, yang menegaskan, “Maturitas Penyelenggaraan SPIP Pemerintah Kota Jayapura masih berada pada level 2, maka pada Tahun 2019 ini kita dorong untuk menjadi level 3 dengan menjalin komunikasi dengan Perwakilan BPKP Provinsi Papua apa saja yang perlu dilaksanakan terkait Maturitas tersebut”. BTM  menegaskan agar korupsi tidak terjadi lagi di  lingkungan Pemerintah Kota Jayapura. BTM OPD untuk memberi pelayanan yang cepat tanpa pungli dan mendorong fungsi Inspektorat untuk melaksanakan pengawasan yang lebih ketat kepada OPD sehingga tercipta Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Pemerintah Kota Jayapura dapat mempertahankan opini WTP yang telah diterimanya lima kali berturut-turut.

Dalam paparannya, Sueb Cahyadi menjelaskan tentang penilaian Maturitas SPIP Pemerintah Kota Jayapura oleh Perwakilan BPKP Papua, hasil self assessment oleh Pemkot Jayapura, dan hasil quality assurance oleh BPKP, serta sebab-sebab adanya koreksi skor antara kedua hasil penilaian. Sueb Cahyadi juga menejaskan strategi-strategi yang diperlukan untuk meningkatkan level Maturitas SPIP pada Pemerintah Kota Jayapura.

 (HUMAS BPKP PAPUA)