Tingkatkan Kinerja, BPKP Sultra Bantu BUMDes di Kabupaten Konawe

KONAWE - Keberadaan BUMDes dapat membantu menampilkan potensi desa yang inovatif dan kreatif, sehingga bumdes berperan dalam peningkatan ekonomi desa dan penyerapan tenaga kerja di desa. BUMDes selaku badan usaha milik desa yang menjalankan praktik ekonomi wajib membuat laporan keuangan seluruh unit usaha secara transparan dan akuntabel sebagai wujud pertanggungjawaban penyertaan modal dari desa.
 
Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tenggara hadir ditengah-tengah BUMDes di wilayah Kabupaten Konawe untuk melaksanakan Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan BUMDes Tahun 2023 dan Monitoring Kontribusi BUMDes terhadap Pendapatan Asli Desa (PADes) di Wilayah Kabupaten Konawe. Kegiatan ini dilaksanakan pada 10 BUMDes di 3 Kecamatan dengan rincian 6 BUMDes pada Kecamatan Amonggedo, 2 BUMDes pada Kecamatan Besulutu dan 2 BUMDes pada kecamatan Anggalomoare.
 
Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu BUMDes agar dapat menyusun laporan keuangan tahun 2023 secara mandiri yang terdiri dari Neraca, Laporan Laba/Rugi, Laporan Perubahan Modal, Laporan Arus Kas, dan Catatan atas Laporan Keuangan. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengumpulkan informasi terkait dengan permasalahan yang dihadapi BUMDes dalam penyusunan laporan keuangan.
 
(Kominfo BPKP Sultra/Tim AN)