Tingkatan Kualitas Pengawasan Intern, 3 APIP Kab/Kota di Sulut lakukan Telaah Sejawat Ekstern

Kotamobagu (20/02/2024) – Dalam menjalankan fungsi assurance membuat auditor internal harus mampu mengawal jalannya pemerintahan, baik itu akuntabilitas keuangannya maupun efektifitas porgram kegiatan demi tercapainya pembangunan yang dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat serta sesuai aturan perundang-undangan.

Inspektorat Pemerintah Kota Kotamobagu, Inspektorat Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Inspektorat Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara dengan pendampingan dari Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melaksanakan Telaah Sejawat Ekstern (TSE), Selasa (20/02). Kegiatan dilaksanakan dalam rangka peningkatan profesional dan kompetensi auditor, peran APIP yang efektif serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan bersih guna tercapainya tujuan organisasi.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Bambang Ari Setiono dalam arahannya menjelaskan bahwa kegiatan telaah sejawat merupakan kegiatan yang penting untuk dilaksanakan. Telaah Sejawat Ekstern (TSE) dilakukan guna mendapatkan keyakinan bahwa pelaksanaan kegiatan audit telah sesuai dengan standar audit yang ditetapkan AAIPIdan diharapkan mampu mendorong peningkatan kualitas serta efektifitas pengawasan intern APIP.

Dirinya menambahkan bahwa auditor harus mampu menjalankan fungsinya sebagai early warning system serta memberikan solusi atas penyelesaian permasalahan yang dihadapi dalam tata kelola pemerintahan.

“APIP harus bisa mendeteksi berbagai permasalahan yang ada dan memberikan rekomendasi atas permasalahan tersebut”, ujar Kaper.

Menutup arahannya, ia mengapresiasi 3 Pemkab/Kota tersebut yang telah berhasil meraih kapabilitas APIP level 3. Atas capaian itu, ia berharap peran dan fungsi APIP semakin meningkat dan strategis di lingkungan Pemerintah Kab/Kota masing-masing.

Setelah arahan dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, kegiatan Telaah Sejawat Ekstern dibuka oleh Inspektur Daerah Provinsi Sulawesi Utara Meiki Onibala selaku Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) AAIPI Wilayah Sulawesi Utara.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Inspektur Daerah Kotamobagu Yusrin Mantali, Inspektur Daerah Bolaang Mongondow Rio A. Lombone, dan Koordinator Pengawasan Bidang P3APIP Rudy Siswanto beserta tim.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)