Tingkatkan Kompetensi APIP, BPKP Gelar Workshop Digital Forensic dan Data Analytic

Manado – “Tradisi Mapalus di Sulawesi Utara yang berarti Gotong Royong atau kolaborasi, sejalan dengan tujuan kita mengadakan workshop hari ini”, demikian disampaikan Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Agustina Arumsari saat memberikan arahan serta membuka Workshop Pemanfaatan Digital Forensic dan Data Analytics di Lingkungan Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan Maluku Utara yang diselenggarakan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) melalui STAR AF, Selasa (06/12) di Hotel Sintesa Peninsula Manado.

Deputi menyampaikan bahwa tidak ada instansi yang bisa maju tanpa dukungan dan kolaborasi dari instansi-instansi lain. BPKP sebagai instansi pembina Jabatan Fungsional Auditor (JFA), sangat concern dengan peningkatan kompetensi kapabilitas APIP di seluruh Indonesia khususnya di Sulawesi Utara.

Sebagaimana diketahui, saat ini proses bisnis di pemerintahan sudah berbasis digital. Terlebih saat ini, banyak sekali pengawasan internal yang tidak bisa dilakukan lewat prosedur biasa. Maka dari itu, Digital Forensic dan Data Analytics diharapkan sebagai teknik untuk menganalisa kemungkinan-kemungkinan penyimpangan yang terjadi dalam proses pelaksanaan kegiatan.

Deputi Investigasi mengajak melalui workshop yang diadakan, diharapkan para peserta dapat mengasah kemampuan dan kapabilitas di bidang forensic digital dan data analytic. Selain itu, Deputi menyampaikan workshop inidapat terselenggara dengan baik serta para peserta bisa memanfaatkan ilmu yang didapat dalam pekerjaan dan mendapatkan hasil yang maksimal dalam hal pengawasan.

Menutup arahannya, Deputi menyampaikan bahwa BPKP selalu siap dalam mengawal pemerintah daerah dan berharap kolaborasi dan koordinasi dapat terus ditingkatkan guna mengawal akuntabilitas keuangan dan pembangunan daerah.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring, Kabag Umum, para Korwas, serta para instruktur dari Kedeputian Bidang Investigasi BPKP Pusat.

Untuk diketahui, Workshop Pemanfaatan Digital Forensic dan Data Analytics dilaksanakan selama tiga hari di Hotel Sintesa Peninsula, Manado dan diikuti oleh APIP dari jajaran Inspektorat se-Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara serta Auditor dari Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo, dan Maluku Utara dengan total peserta sebanyak 52 orang.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)