BPKP DIY Siap Tingkatkan Peran dan Kerjasama dengan Pemda DIY

Dalam acara yang berlangsung di ruang kerjanya, Sekda DIY Kadarmanta Baskara Aji menyampaikan apresiasi atas bimbingan dan pendampingan Perwakilan BPKP DIY selama ini. Bagi Baskara, penghargaan-penghargaan yang diterima Pemda DIY dapat menjadi salah satu tolok ukur untuk mengetahui capaian keberhasilan maupun hal-hal yang masih perlu perbaikan di pemda DIY.

Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP DIY Slamet Tulus Wahyana mengungkapkan bahwa Inspektorat Provinsi DIY merupakan inspektorat provinsi pertama yang mencapai Kapabilitas Level 3 se Indonesia.  Dengan dicapainya level 3 kapabilitas APIP tersebut, peran Inspektorat harus lebih meningkat. Audit yang dilakukan harus berbasis risiko, yaitu dengan mempertimbangkan skala prioritas. Audit yang dilakukan bukan hanya dilakukan audit operasional saja tetapi lebih ke audit kinerja yang mencakup 3E, yaitu  efisien, efektif dan ekonomis. Peran inspektorat juga tidak hanya dalam fungsi assurance, tetapi juga dalam fungsi consulting.

Dalam bidang investigasi Inspektorat juga tidak hanya melakukan kegiatan yang bersifat represif, tetapi juga kegiatan yang bersifat preventif dan preemtif. Artinya Inspektorat harus memiliki fungsi ealy warning system, sehingga peran pencegahan terjadinya korupsi lebih efektif.

Akhirnya Slamet Tulus menyampaikan bahwa Perwakilan BPKP DIY siap untuk lebih meningkatkan peran dan kerjasama dengan Pemda DIY dalam rangka mewujudkan pemerintahan yang baik dan bebas korupsi.

(Humas BPKP DIY/ros)