Tingkatkan Transparansi dan Akuntabilitas Pemprov DKI Jakarta Kerjasama dengan BPKP

Seremonial Kick-Off Meeting dan penandatanganan MoU kerjasama dengan PT Dirgantara Indonesia dan Naskah Kesepakatan Pelaksanaan Kerjasama dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) tersebut dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 12 Oktober 2016, bertempat di Balai Agung Provinsi DKI Jakarta.

Proses penandatanganan tersebut, diawali dengan sambutan Duta Besar Inggris, Direktur Utama PT. Dirgantara Indonesia, sambutan dan paparan perwakilan dari ACCA, sambutan Deputi Kepala BPKP Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah dan sambutan Gubernur DKI Jakarta.

Dalam sambutannya, Deputi Kepala BPKP Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Dadang Kurnia menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah DKI Jakarta yang melatih pegawainya dengan standar internasional dan menyampaikan hasil yang telah dicapai oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam mencapai target nasional yang tercantum dalam RPJMN yang terkait dengan tingkat maturitas penyelenggaraan SPIP, Leveling Kapabilitas APIP dan opini laporan keuangan pemerintah. Dadang Kurnia juga menyampaikan bahwa BPKP telah memberikan pelatihan dan pendidikan tentang accrual basis kepada 1.450 pelaksana keuangan di Pemprov DKI Jakarta.

Sementara itu dalam sambutannya Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaya Purnama menyampaikan terima kasih atas dukungan BPKP di dalam upaya peningkatan transparansi dan aktivitas keuangan Pemda Provinsi DKI Jakarta. Basuki Tjahaya Purnama mengatakan dengan adanya transparansi dapat menekan tingkat korupsi dan dapat mencegah adanya inefisiensi pelaksanaan anggaran.(Erlina/Humas DKI)