Kabupaten Tanggamus, ‘TANGGA Menuju Surga’

Kota Agung, “Singgah ke Tanggamus tak kan membuat menyesal  karena Tanggamus adalah "TANGGA Menuju Surga", kalimat yang dilontarkan oleh Mulyadi Irsan selaku Pj. Bupati Tanggamus pada kegiatan kunjungan pertama kalinya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Nani Ulina Kartika Nasution ke Tanggamus, yang didampingi oleh Koordinator Pengawasan  Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) Ahmad Baihaqi dan Tim Bidang APD, juga disambut baik oleh Sekda Kab Tanggamus Hamid Heriansyah Lubis. Bertempat di Ruang Rapat Bupati Tanggamus, Kamis, 22/02/2024.

Audiensi yang dipimpin Mulyadi Irsan dihadiri oleh Asisten III, Inspektur, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala Dinas Perikanan, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM dan Sekretaris Dinas Kesehatan beserta jajarannya.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati memaparkan capaian kinerja Kabupaten Tanggamus serta pentingnya revolusi mental dan perubahan mindset para birokrat dan kalangan ASN. Acara dilanjutkan dengan paparan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung terkait pengawasan yang telah dilakukan tahun sebelumnya pada Pemda Tanggamus meliputi hasil conformity Pemda, Evaluasi Perencanaan dan Penganggaran, Program Peningkatan Daya Saing Kopi, Tata Kelola BUMD dan BUMDes serta Monitoring PSN Kawasan Industri Maritim Tanggamus.

Selain membahas hasil pengawasan yang telah dilakukan dan agenda pengawasan Triwulan I Tahun 2024, Nani juga melakukan sharing knowledge terkait Perpres No 39 Tahun 2023 tentang MRPN serta pentingnya penerapan manajamen risiko (MR) pada pemerintah daerah yang menjadi awal diskusi hangat dengan Pj. Bupati Tanggamus. Tak lupa ibu Nani menyampaikan best practice penerapan MR di sektor pertanian dan pariwisata agar apa yang dilaksanakan oleh pemerintah daerah dapat memberikan multiplier effect bagi masyarakat khususnya di Kabupaten Tanggamus.

Dipenghujung acara, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung menyerahkan secara langsung rencana pengawasan peningkatan kualitas LKPD kepada  Mulyadi Irsan. Dengan komitmen yang baik dari  Mulyadi Irsan, beliau menghaturkan terima kasih atas peran BPKP dan mengharapkan kehadiran BPKP untuk bersama mengawal pembangunan daerah di Kabupaten Tanggamus.

 

 #bpkphadirbermanfaat