Komitmen BPKP Terkait Akuntabilitas DanTata Kelola BLUD Dengan Workshop Aplikasi FORSA BLUD

Bandar Lampung,, Kepala Perwakilan, Suyarsih Fifi Herwati memberikan sambutan sekaligus membuka acara Workshop Implementasi Aplikasi FORSA BLUD dan Penyusunan Pedoman Manajemen Risiko BLUD. "BPKP selalu berkomitmen kepada penguatan akuntabilitas dan tata kelola instansi pemerintah maupun badan usaha milik pemerintah, terutama kepada badan layanan umum karena tujuan pembentukan badan layanan umum (BLU) maupun badan layanan umum daerah (BLUD) bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. BLUD di Provinsi Lampung paling banyak diterapkan di sektor pelayanan kesehatan, antara lain rumah sakit milik daerah, puskesmas, dan laboratorium kesehatan/lingkungan" tutur Fifi

Peningkatan akuntabilitas dan tata kelola pada BLUD akan berdampak secara langsung terhadap peningkatan layanan kepada masyarakat. Salah satu bentuk peningkatan akuntabilitas adalah dengan memperbaiki pencatatan dan pelaporan keuangan agar angka-angka yang disajikan akurat dan dapat dipertanggung jawabkan dan dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan keputusan oleh pimpinan. Memperbaiki pencatatan dan pelaporan keuangan tidak terlepas dari penggunaan teknologi. tanpa teknologi informasi akan banyak risiko-risiko kesalahan yang mungkin dapat terjadi sejak dari pencatatan, pengklasifikasian, perhitungan hingga penyajian laporan keuangannya.

Salah satu komitmen BPKP terkait akuntabilitas dan tata kelola BLUD ini adalah dengan menyediakan aplikasi Sistem Informasi Akuntansi BLUD (SIA BLUD) yang diberi nama FORSA BLUD, yang disediakan secara gratis atau tidak diperjualbelikan kepada BLUD. Namun demikian dalam penerapannya, BLUD perlu menyiapkan SDM, sarana pendukung berupa perangkat keras komputer, jaringan internet dan pendukung lainnya, lanjut Fifi

BPKP membantu BLUD melalui pemberian pelatihan/worshop/bimtek agar SDM BLUD dapat mengoperasikan FORSA BLUD ini dengan baik agar tujuan penerapan FORSA BLUD ini sesuai dengan yang diharapkan, yaitu dapat menyajikan laporan keuangan BLUD yang akurat, tepat waktu sehingga dapat dipertanggungjawabkan kepada seluruh stakeholder BLUD.

Worshop ini diharapkan dapat memberikan keahlian dan ketrampilan penggunaan aplikasi FORSA bagi peserta, khususnya bagi BLUD yang telah menyampaikan surat kesediaan untuk menerapkan SIA FORSA BLUD. Pada kesempatan ini kami juga berharap agar BLUD lainnya yang belum menyampaikan surat kesediaan menerapkan SIA FORSA BLUD setelah workshop ini menjadi tertarik untuk menggunakan SIA FORSA BLUD sebagai alat bantu untuk menyusun laporan keuangannya.

Kegiatan workshopdilaksanakan  di  Aula gedung C Perwakilan BPKP Provinsi Lampung  dan dihadiri oleh seluruh peserta dari 16 RSUD, 1 UPTD Labkesda dan 1 UPTD Pengelola Laboratorium Lingkungan di Provinsi Lampung. Senin, 11 September 2023.

 

Humas BPKP Lampung