Selama Ini Saya Belum Mengenal BPKP

 

Sepenggal kalimat testimoni yang disampaikan oleh salah satu dari 420 peserta kuliah umum dalam rangka ulang tahun BPKP ke-40 di Institut Teknologi Sumatera (Itera) menjadi begitu bermakna bagi peserta tentang informasi keberadaan dan kiprah BPKP dalam pembangunan nasional. Sebelum pelaksanaan kuliah umum, terlebih dahulu dilakukan penandatanganan Penjanjian Kerja Sama (PKS) antara Perwakilan BPKP Provinsi Lampung dengan Institut Teknologi Sumatera. PKS terkait penguatan tata kelola pemerintahan yang baik merupakan turunan dari nota kesepahaman antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan pada tanggal 21 Oktober 2022 tentang Sinergi Penguatan Tata Kelola Pemerintahan yang Baik di Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Perjanjian Kerja Sama ini dilakukan dengan tujuan untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good public governance) di lingkungan Institut Teknologi Sumatera, dengan tidak mengurangi kewenangan kedua belah pihakyang telah diatur dalam ketentuan perundang-udangan yang berlaku. Kota Baru Lampung Selatan, Selasa (09/05/2023),

Selepas penandatangan PKS, Rektor Itera Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha, memberikan apresiasi kepada perwakilan BPKP Provinsi Lampung yang telah memilih Itera sebagai lokasi kuliah umum. Mahasiswa Itera sebagai penerus bangsa, siap menerima pembekalan dari para Narasumber yang telah dipersiapkan dan Rektor Itera memberikan pesan kepada seluruh mahasiswa serta civitas akademika untuk meresapi dan memahami materi-materi yang akan disampaikan oleh para narasumber dan menjadikan bekal bagi dunia kerja yang akan datang.

Sesi paparan kuliah umum pertama disampaikan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Suyarsih Fifi Herwati, Ak. M.Com yang menyampaikan sekilas perjalanan BPKP yang telah ada pada jaman belanda dahulu yakni tahun 1936 dengan nama Djawatan Akuntan Negara (Regering Accountantsdienst) lalu tahun 1963 terbit Keputusan Presiden Nomor 239 Tahun 1966 dibentuklah Direktorat Jendral Pengawasan Keuangan Negara (DJPKN) pada Departemen Keuangan dan akhirnya pada tahun 1983 dengan Keputusan Presiden Nomor 31 Tahun 1983 tanggal 30 Mei 1983, DJPKN bertransformasi menjadi BPKP. Di Usia ke-40 merupakan usia yang sudah mencapai tingkat kematangan, peran BPKP yang sudah diakui stakeholder perlu diinformasikan kepada dunia Pendidikan tinggi terutama para mahasiswa sebagai penerus tonggak kepemimpinan harus memahami akan arti pentingnya pengawasan. BPKP hadir untuk mengawasi jalannya penyelenggaraan pemerintahan dan meyakinkan bahwa anggaran yang dikeluarkan digunakan untuk ketercapaian Tujuan bernegara.

Setelah Kepala perwakilan mengenalkan peranan BPKP, pada sesi selanjutnya   masing-masing koordinator pengawasan mengenalkan lebih dalam lagi tugas dan fungsi masing-masing bidang, mitra kerja serta kinerja yang telah dicapai baik tingkat regional maupun nasional. Pergantian antar sesi diselingi dengan quiz kahoot dan kepada pemenang quiz diberikan bingkisan yang dapat dimanfaatkan oleh mahasiswa. Kepada mahasiswa juga diberikan apresiasi yang telah memposting  story line terkait BPKP pada IG masing-masing dengan terlebih dahulu mem-folow Instagram (IG) Perwakilan BPKP Provinsi Lampung. Ditetapkan 3 orang pemenang dengan story line terbaik. Disamping itu 3 orang mahasiswa pemberani telah memberikan testimony terkait BPKP dimana pada intinya setelah pelaksanaan kuliah umum ini, mereka semakin mengenal lebih dekat tentang BPKP.