Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Resmi Dilantik

BENGKULU (03/04/2024) - Gubernur Provinsi Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyahsecara resmi melantik Faeshol Cahyo Nugrohosebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu di Gedung Balai Raya Semarak Kota BengkuluFaeshol Cahyo Nugrohosebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bangka Belitung.

Setelah dilakukan pelantikan, dilangsungkan penandatanganan berita acara pengukuhan oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Faeshol Cahyo Nugrohodan Gubernur Provinsi Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyahserta disaksikan oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Agustina Arumsari. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Faeshol Cahyo menggantikan Kepala Perwakilan sebelumnya Rusdy Sofyan yang telah berpindah tugas menjadi Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang/Jasa BPKP.

Pelantikan dihadiri oleh tamu undangan yang datang dari berbagai instansi diantaranya ketua DPRD Provinsi Bengkulu, Forkopimda Bengkulu, Kepala Daerah se-Bengkulu, Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI, Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia, Kepala Kantor Instansi Vertikal, Sekretaris Daerah se-Provinsi Bengkulu, Inspektur se-Provinsi Bengkulu, Kepala Dinas dan Kepala Badan di Wilayah Bengkulu, Kepala Balai Bengkulu, dan Direksi BUMN/BUMD atau yang mewakili.

Deputi Kepala BPKP Bidang Investigasi Agustina Arumsari pada kesempatan tersebut juga turut memberikan sambutan mewakili Kepala BPKP. Dalam sambutannya Agustina Arumsari menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Gubernur Bengkulu yang telah berkenan mengukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu. Deputi Kepala berharap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu yang baru dapat diterima sebagai mitra kerja, sehingga kerja sama yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini dapat terus dipertahankan dan bahkan ditingkatkan.

Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu memiliki Agenda Prioritas Pengawasan (APP) yang telah dicanangkan untuk tahun 2024, dan sampai dengan Triwulan I tahun 2024 telah melaksanakan APP tersebut, di antaranya adalah evaluasi perencanaan dan penganggaran pemerintah daerah khususnya pada sektor pengentasan kemiskinan dan sektor penurunan prevalensi stunting, evaluasi penyerapan anggaran dan pengadaan barang dan jasa,  serta pengawasan atas tata kelola dan akuntabilitas keuangan desa. Selain itu juga telah dilaksanakan pengawasan atas transformasi bidang kesehatan, yang tujuan utamanya adalah perbaikan tata kelola bidang kesehatan.

Agustina Arumsari juga menyebutkan sebagai respon atas percepatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional khususnya yang berada di Provinsi Bengkulu, hasil pengawasan BPKP menunjukkan perlunya pengelolaan manajemen risiko lintas sektor untuk mendukung tercapainya sasaran pembangunan nasional tersebut. Maka dari itu BPKP mengharapkan dukungan dan kerjasama pimpinan daerah dan entitas terkait agar sasaran pembangunan nasional dapat terwujud secara efektif dan dapat memberi kontribusi positif bagi semua pemangku kepentingan, khususnya masyarakat Provinsi Bengkulu.

Sambutan dilanjutkan oleh Gubernur Bengkulu Dr. H. Rohidin Mersyahberharap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu yang baru dapat menjadi mitra kerja dan akan bekerja sama dengan lebih baik lagi, melanjutkan tugas dan fungsi yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini. Rohidin Mersyahmenyampaikan rasa terima kasih kepada Rusdy Sofyan yang sebelumnya telah memimpin Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu dalam mengawal pembangunan di Provinsi Bengkulu, serta mengucapkan selamat bekerja kepada Faeshol Cahyo Nugrohodan dapat segera melakukan koordinasi dan sinergi dengan Gubernur, Kepala Perwakilan BPK, aparat penegak hukum, Bupati/Walikota, instansi vertikal, dan seluruh perangkat daerah, BUMD/BULD di Wilayah Provinsi Bengkulu.