Apel Pagi Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu

BENGKULU (18/03/2024) - Setiap hari Senin Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu melaksanakan agenda rutin Apel Pagi di Aula Kantor yang diikuti oleh seluruh pegawai. Bertindak sebagai Inspektur Apel Pagi, Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah (APD) Hendra Cipta dan petugas apel pada pagi ini adalah dari Bidang APD.

Dalam amanatnya, Inspektur Apel berbagi cerita inspiratif saat mengikuti kegiatan outbound Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu tahun 2005 silam. Beliau mengenang kembali kegiatan yang dilaksanakan di Desa Kemumu, Bengkulu Utara. Pada kegiatan yang dilaksanakan malam hari itu, peserta outbound dibangunkan dan diminta untuk mengikuti kegiatan berjalan di bara api. Walaupun sempat ragu, beberapa peserta akhirnya memberanikan diri menjadi volunteer dalam kegiatan tersebut. Udara Desa Kemumu yang dingin dan para peserta yang sebelumnya berjalan diatas rumput yang berembun, dapat menghalau rasa panas saat menginjak bara api dengan selamat. Akhirnya sebagian besar peserta outbound mencoba melalui bara api dan berhasil.

Kegiatan tersebut mengandung pesan bahwa kita sebagai manusia seringkali merasa ragu dan takut dalam melakukan sesuatu. Kita tidak merasa yakin akan potensi diri, padahal sesungguhnya mempunyai kemampuan besar dalam diri kita. Begitu juga dalam bekerja, kita sebagai insan BPKP harus selalu yakin dan berani dalam melaksanakan tugas yang telah diamanatkan. Dan amanat diakhiri dengan himbauan agar pegawai selalu bekerja secara profesional, disiplin, dan menjaga integritas.