Sosialisasi Penilaian Mandiri Kapabilitas SKAI PT. Bank Sumut dalam menggapai SKAI yang berkualitas.

Dalam paparannya, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara, Sihar Panjaitan menyatakan pentingnya transformasi dari SKAI PT. Bank Sumut (Persero) yang semula lebih fokus sebagai watchdog, mengarah menjadi catalyst dengan peran Assurance dan Consulting yang lebih dominan. Transformasi ini harus disertai dengan peningkatan profesionalisme dan skill yang memadai serta ketaatan pada standar dan etika yang berlaku.
 
 
Diakhir paparannya, Kepala Perwakilan, menyampaikan bahwa dalam suatu organisasi tidak ada pihak yang bisa bekerja sendiri. Untuk itu, diharapkan jajaran Direksi sebagai Top Manajemen dan para bawahan dapat bekerja sama untuk memajukan PT. Bank Sumut (Persero)menjadi Bank Daerah terbaik dengan posisi 5 besar.
 
Direktur Utama PT. Bank Sumut (Persero), Edie Rizliyanto, secara terpisah mengapresiasi peran BPKP dalam rangka peningkatan kapabilitas SKAI PT. Bank Sumut (Persero) khususnya dan dalam upaya peningkatan Governance, Risk and Control (GRC) Bank pada umumnya. Direktur Utama juga mengharapkan kerjasama yang berkelanjutan dari Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara dalam membantu PT. Bank Sumut (Persero) meningkatkan keahlian para personil SKAI melalui teknik-teknik audit yang baru.
 
Selanjutnya, para peserta sosialisasi menerima  materi dari narasumber Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara yang memberikan gambaran terkait mekanisme penilaian Kapabilitas SKAI PT. Bank Sumut (Persero) dengan menggunakan scorecard yang dikembangkan oleh BPKP untuk kepentingan penilaian. Peserta juga diberikan simulasi penggunaan aplikasi penilaian secara online melalui situs www.pmonline.org dan proses quality assurance dan monitoring yang harus dilaksanakan setelah menyelesaikan tahapan penilaian.
 

~deni siregar