Training Advanced Spring Framework And Liferay Portal Development

     

Salah satu tools yang digunakan dalam pengembangan Sistem Informasi Manajemen Akuntabilitas (SIMA) 4.0 adalah Liferay. Liferay merupakan software portal open source berbasis bahasa pemrograman Java. Sampai dengan saat ini, Liferay digunakan terbatas hanya sebagai portal aplikasi dari berbagai modul aplikasi yang dikembangkan dalam aplikasi SIMA. Padahal selain sebagai aplikasi portal, Liferay juga merupakan sebuah aplikasi Content Management System (CMS) dan dapat berfungsi juga sebagai sebuah framework pengembangan aplikasi berbasis Java. Fitur ini memungkinkan tim pengembang Pusinfowas dapat menggunakannya dalam rangka pemeliharaan dan pengembangan lebih lanjut SIMA dalam rangka meningkatkan kinerja perekaman dan penyimpanan data pengawasan, penyediaan informasi manajemen, serta pembentukan knowledge.
 
Sampai dengan saat ini, Pusinfowas belum memiliki tenaga pengembang yang menguasai Liferay tingkat lanjut (advanced) dengan fitur di atas. Pelatihan Liferay  tahun sebelumnya masih berupa pelatihan tingkat dasar (basic) pada fitur Liferay sebagai sebuah portal aplikasi dan merupakan bagian dari pelatihan pemrograman Java berbasis Spring Framework.
 
Pusinfowas mengirimkan 10 pegawai untuk mengikuti  Advanced Spring Framework And Liferay Portal Development Training di Hotel Fox Harris Bandung mulai tanggal 7-11 Mei 2018 dengan Narasumber Bapak Arief Darmawan dengan tujuan menyiapkan kompetensi pegawai BPKP agar mampu menggunakan tools Liferay tingkat lanjut dalam rangka pengembangan SIMA sesuai kebutuhan BPKP.
 
Tim Pengembang Website
Pusinfowas