Konsultasi Implementasi ISO 9001 terintegrasi dengan SPIP

Kunjungan Kepala Balai POM Provinsi Sulawesi Barat ditemui langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat Arif Ardiyanto dengan didampingi Pengendali Teknis Gathut Sukopriyono.

Maksud kunjungan Kepala Balai POM Sulbar adalah berkonsultasi mengenai implementasi ISO 9001 yang terintegrasi dengan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) untuk meningkatkan tata kelola yang akuntabel di Balai POM Sulbar. Kepala Balai POM Sulbar berharap dengan penerapan ISO 9001 yang terintegrasi dengan SPIP ini dapat meningkatkan pelayanan Balai POM Sulbar menjadi efisien, efektif, dan produktif.

Kepala Perwakilan BPKP Sulbar menyambut baik maksud dan harapan Kepala Balai POM Sulbar tersebut dengan memberikan penjelasan singkat tentang unsur-unsur dan sub unsur SPIP dengan menggunakan alat peraga SPIP yang berada di loby Kantor BPKP Sulbar. Kepala Perwakilan BPKP Sulbar menyampaikan bahwa sesuai dengan PP Nomor 60 Tahun 2008, SPIP terdiri dari lima unsur yaitu Lingkungan pengendalian, Penilaian risiko, Kegiatan pengendalian, Informasi dan komunikasi, dan Pemantauan pengendalian intern.

Arif menambahkan bahwa keterkaitan kelima unsur sistem pengendalian intern dapat dilihat pada kubus SPIP. Kubus tersebut menjelaskan bahwa kelima unsur pengendalian intern merupakan unsur yang terjalin erat satu dengan yang lainnya. Proses pengendalian menyatu pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai. Oleh karena itu, yang menjadi fondasi dari pengendalian adalah orang-orang (SDM) di dalam organisasi yang membentuk lingkungan pengendalian yang baik dalam mencapai sasaran dan tujuan yang ingin dicapai instansi pemerintah pungkasnya.

Pada akhir pertemuan, Kepala Perwakilan BPKP Sulbar menyampaikan kesiapan BPKP Sulbar untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan implementasi penerapan SPIP yang terintegrasi dengan ISO 9001 di Balai POM Sulbar. Kepala Balai POM Sulbar mengucakan terima kasih atas kesediaan Perwakilan BPKP Sulbar untuk memberikan sosialisasi dan pendampingan implementasi penerapan SPIP yang terintegrasi dengan ISO 9001 tersebut dan akan segera mengirimkan surat permintaan.

Humas Sulbar/GS