Lepas-Sambut Pejabat Struktural di Lingkungan Pusinfowas

Jakarta (27/7/2020). “Yang datang membawa harapan, yang pergi meninggalkan kesan”. Demikianlah tema acara Lepas-Sambut yang diselenggarakan dengan penuh kekeluargaan, dan diikuti oleh sebagian pejabat dan pegawai Pusinfowas di ruang rapat lantai 7 dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Mengiringi SK Mutasi dan Promosi Kepala BPKP, pada pagi hari yang cerah, telah diadakan acara informal Lepas-Sambut, sehubungan dengan pergantian pejabat di lingkungan Pusinfowas. Dihadiri oleh Kepala Pusinfowas Yan Setiadi dan keluarga besar Pusinfowas yang sedang berada di kantor (WFO), pembawa acara, Nastiti, menyatakan bahwa mutasi dan promosi adalah hal biasa dalam sebuah organisasi yang dinamis dan merupakan sebuah anugerah jika hal tersebut juga dialami oleh unit organisasi penanggungungjawab TI di BPKP ini.  Gambaran mutasi dan promosi pejabat kali ini adalah sebagai berikut: Kepala Bidang Pengelolaan data Informasi semula diduduki oleh Arief Hadianto digantikan posisinya oleh Ja'far Numeiri,  kemudian Kepala Bidang Operasional, Keamanan Teknologi Informasi yang semula dijabat oleh Ishak Ahmad Wahyudi digantikan oleh Fery Nurtjahjo, sedangkan Kepala Bidang Tata Kelola Teknologi Informasi dan Pengembangan Sistem Informasi semula dijabat oleh Robbi Adhilni digantikan oleh Krisno Wahyu Utomo. Dengan demikian posisi Kepala Sub Bidang Tata kelola Teknologi Informasi semula diduduki oleh Krisno Wahyu Utomo, saat ini digantikan oleh Bayu Prasetio.
 
Acara Lepas-Sambut tersebut diawali dengan kegiatan PPM mengenai revitalisasi website BPKP yang dimoderatori oleh Dinul Hannifatma dan disajikan oleh Krisno Wahyu Utomo. Website merupakan “etalase” bagi sebuah organisasi, dimana di sana lah para stakeholder umumnya pertama kali mendapatkan informasi seputar profil dan aktivitas organisasi tersebut. Oleh karena itu, BPKP memandang bahwa pengelolaan website perlu keteguhan komitmen dan konsistensi tindakan dalam upaya terus-menerus menyempurnakan isi dan tampilan website sebagai bentuk akuntabilitas dan transparansi kepada publik. Pusinfowas berkolaborasi dengan Biro Hukum dan Komunikasi terus menggodok konsep terbaik website BPKP berdasarkan harapan dan arahan dari segenap Pimpinan BPKP.
 
Tepat pukul 10.00 WIB, acara dibuka oleh Kapusinfowas dengan memberikan sambutan singkat. Intinya Kapusinfowas menyampaikan apresiasi dan terima kasih mewakili keluarga besar Pusinfowas atas kontribusi aktif para pejabat lama, khususnya kepada Robbi Adhilni dan Arief Hadianto yang selama 2-3 tahun telah banyak memberikan andil dalam peningkatan kinerja Pusinfowas. Pada kesempatan tersebut, juga diingatkan pentingnya membangun kualitas dan karakterisitik pegawai yang sukses, diantaranya selalu berpikir positif, suka menolong sesama pegawai, dan selalu mencari cara bagaimana memberikan kontribusi bagi organisasi sesuai dengan tugas, fungsi, peran, tanggungjawab serta keunikan bakat, minat, kemampuan, dan ketrampilan yang dimiliki pegawai masing-masing. 

 

Tanpa terasa, dua jam berlalu, dan setelah menyaksikan pemutaran video dan foto-foto kenangan dan mendengarkan kesan dan pesan dari perwakilan pegawai, kemudian diiringi pemberian cinderamata kenang-kenangan,  tibalah di penghujung acara, yaitu makan siang bersama, dengan sajian istimewa soto kudus, nasi gandul, dan rujak tahu. Suasana kegembiraan, keakraban, dan kekeluargaan semakin terasa karena Bapak Ishak Wahyudi yang telah purnabakti juga berkenan hadir di acara tersebut. Acara Lepas-Sambut diakhiri dengan doa semoga Pusinfowas dapat terus berkiprah mendukung tugas-tugas utama BPKP yang semakin berat, khususnya mewujudkan BPKP sebagai organisasi yang modern sebagai Trusted Advisor pemerintah Indonesia, didukung teknologi digital yang canggih, sarpras yang hebat, dan SDM TI yang mumpuni. Cita-cita mewujudkan IT Based Supervisory (Pengawasan Intern Berbasis Elektornik = PIBE) harus dicapai dalam kurun waktu 1-2 tahun ke depan, dimana Pusinfowas adalah agen perubahan utamanya. (Aw/Ys).