Pengawalan Keuangan Desa dan Korsupgah Penindakan Korupsi Terintegrasi Provinsi Papua

          Pada tanggal 25 Juli 2016 secara simbolis Wakil Pimpinan KPK memberikan aplikasi SISKEUDES kepada Gubernur Provinsi Papua. Aplikasi SISKEUDES adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh BPKP berkaitan dengan pengelolaan dana desa. Aplikasi ini dapat digunakan untuk membantu para perangkat desa meningkatkan akuntabilitasnya dalam membuat laporan keuangan desa. Dengan digunakannya aplikasi SISKEUDES ini, diharapkan para perangkat desa/kampung dapat dengan mudah membuat laporan keuangan dana desa yang mereka terima serta dapat mempertanggungjawabkannya dengan baik.
         Selanjutnya pada tanggal 26 Juni 2016, Deputi Kepala BPKP Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Bapak Dadang Kurnia dalam sambutannya menyampaikan bahwa BPKP telah menjalin kerja sama dengan Kemendagri dan pihak-pihak lain dalam rangka pengembangan dan penerapan SISKEUDES untuk memudahkan aparat desa dalam menyusun APB Desa, Penatausahaan APB Desa, serta pelaporannya.
         Sebagai bukti keseriusan dalam melakukan pengelolaan keuangan yang akuntabel dan pencegahan korupsi di Provinsi Papua, telah dilakukan penandatanganan Komitmen Bersama dalam hal pencegahan pemberantasan korupsi terintegrasi pada Provinsi Papua oleh Gubernur, Bupati/Walikota Se-Provinsi Papua, Kapolda Provinsi Papua, Kejati Provinsi Papua, KPK RI dan BPKP.