PLT Gubernur Melantik Kepala BPKP Kepri Baru

Gubernur menyampaikan pentingnya kerja sama seluruh pemda dan instansi vertikal di Kepulauan Riau dengan Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau.“Bersama BPKP, ke depan tata kelola Pemerintahan Provinsi Kepri terutama tata kelola keuangan dan pembangunan daerah di Kepri akan ada perbaikan-perbaikan yang sangat signifikan.” ujar Isdianto. Ia mengharapkan inovasi yang dapat terbukti lebih meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat itu dapat senantiasa dikawal oleh BPKP.

Sejalan dengan itu, Deputi Kepala BPKP Bidwas Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto yang turut hadir berharap dengan adanya pelantikan ini, maka kerja sama dapat terus ditingkatkan. Namun demikian, Iwan juga menegaskan perlunya mitigasi risiko sehingga kegagalan dalam pembangunan dapat dihindari.

“Memitigasi risiko kegagalan pembangunan menjadi penting, karena akuntabilitas yang telah dibangun dengan baik sekalipun dapat terancam efektivitasnya oleh tiga hal: intervensi, pengabaian sistem, dan kolusi. Hal ini mungkin dapat menjelaskan fenomena masih banyaknya kasus kecurangan (misalnya OTT oleh KPK), meskipun SPIP sudah dibangun dan kapabilitas APIP sudah ditingkatkan. Oleh sebab itu, membangun sistem dan pengawasan intern harus tetap dibarengi dengan upaya pembinaan integritas pegawai," pesan Iwan.

Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, bahwa Pemerintah harus mampu untuk memastikan bahwa program-program pembangunan tidak hanya sekadar sent (selesai dikerjakan), namun juga delivered, yang berarti manfaatnya betul-betul dirasakan oleh masyarakatPemerintah harus memastikan bahwa belanja pemerintah dapat bermanfaat bagi kesejahteraan masyarakat yang dilakukan secara akuntabel, serta bersifat berkelanjutan. Demi mewujudkan hal itu, Iwan berharap Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau yang telah dilantik dapat diterima sebagai mitra kerja sehingga kerja sama yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan.

Untuk itu, komitmen seluruh aparat pemerintah di Provinsi Kepulauan Riau dituntut untuk senantiasa bersatu padu dalam sinergi. Hal ini penting untuk mengemban amanah penyelenggaraan pemerintahan yang berintegritas, akuntabel, dan fokus pada pelayanan masyarakat. “Semoga semangat ini dapat senantiasa kita jaga demi keberhasilan pembangunan bangsa," ucap Iwan menyampaikan pesan Kepala BPKP.

Dalam acara tersebut juga dilakukan penyerahan Laporan Hasil Pengawasan Semester II Tahun 2019 oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau sebelumnya Indra Khaira Jaya kepada Gubernur Provinsi Kepulauan Riau H. Isdianto. Sertijab juga dihadiri oleh Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam PMK Iwan Taufiq Purwanto yang mewakili Kepala BPKP, dan seluruh jajaran struktural di lingkungan pemerintah daerah Provinsi kepulauan Riau.

(Humas BPKP Kepri)