Presiden Jokowi Resmikan Jalan Tol Balikpapan - Samarinda

peresmian jalan tol balikpapan - samarindaHal tersebut disampaikan Presiden Jokowi pada saat memberikan sambutan pada acara peresmian jalan tol Balikpapan-Samarinda. (Selasa, 17/12/2019)

Menurut Presiden Jokowi, biasanya masyarakat harus menempuh waktu kurang lebih tiga jam dari Balikpapan untuk menuju Samarinda. Dengan adanya jalan tol ini, perjalanan dari Balikpapan menuju Samarinda hanya butuh waktu sekitar satu seperempat jam.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda memiliki total panjang 99,35 km. Jalan tol ini terdiri atas 5 seksi, yaitu Seksi I ruas Balikpapan (Km 13)-Samboja (22,025 km). Lalu, Seksi II ruas Samboja-Muara Jawa (30,975 km), Seksi III ruas Muara Jawa-Palaran (17,300 km), Seksi IV Palaran-Samarinda (17,550 km), dan Seksi V Balikpapan (Km 13)-Sepinggan (11,500 km).

Beliau menyebut ada dua seksi lagi yang saat ini masih dikerjakan dan diharapkan dapat rampung paling lambat April 2020.

"Dan ini juga merupakan nilai plus yang akan menciptakan ketersambungan yang saling melengkapi, seperti tadi sudah saya sampaikan yang sebelumnya ditempuh tiga jam sekarang jadi satu jam atau satu jam lebih sedikit," jelas dia.

Jokowi mengatakan jalan tol ini juga akan mendorong kawasan-kawasan produksi seperti industri kelapa sawit, komoditas batubara, minyak gas, dan komuditas pertanian.

Jalan Tol Balikpapan-Samarinda merupakan jalan tol pertama di Pulau Kalimantan yang akan menjadi cikal bakal pembangunan infrastruktur lainnya guna mengembangkan suatu kawasan ekonomi terpadu.

"Nantinya, jalan tol ini juga akan terhubung langsung dengan Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman, Sepinggan,  Balikpapan dan Bandara APT Pranoto di Samarinda", tambah jokowi.

Diharapkan, rampungnya pengerjaan Jalan Tol Balikpapan-Samarinda dapat menjadi sarana dasar pengembangan ibu kota negara baru, serta turut mendukung percepatan distribusi barang dan jasa antara dua kota tersebut guna memangkas waktu perjalanan non jalan tol.

Usai meresmikan jalan tol Balikpapan - Samarinda, Presiden dan rombongan melanjutkan perjalanan menuju lokasi Calon Ibu Kota Negara yang didampingi oleh Gubernur Kalimantan Timur, Isran Noor dan wakil Gubernur Kalimantan Timur Hadi Mulyadi.

Tampak dalam tamu rombongan, mantan Gubernur Kalimantan Timur, H. Awang Farouk lshak yang merupakan salah satu penggagas dibangunnya jalan tol Balikpapan - Samarinda yang dulu dianggap tidak mungkin yang namanya digadang-gadang banyak kalangan agar dapat menjadi nama dari jalan tol balikpapan-samarinda tersebut.

"Sekarang sudah menjadi kenyataan dan sudah diresmikan, namun demikian beliau berharap kepada Gubernur Ishak Noor agar terus berjuang untuk pembangunan infrastruktur lainnya yang masih belum dikerjakan, seperti jalan tol samarinda - bontang - sangatta", pinta beliau.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Timur, Adil Hamonangan yang hadir dalam acara peresmian tersebut terlihat sangat puas, karena bagaimanapun upaya mendorong berbagai pihak yang terkait dengan percepatan pembangunan jalan tol Balikpapan-Samarinda dengan target dapat dibuka secara fungsional mulai bulan Maret 2019 lalu akhirnya terlaksana juga di bulan Desember 2019 ini.

Humas BPKP Kaltim - Lutfi Budiarto