SEMINAR KPK HASIL PENGAMATAN TIM KORSUP PENCEGAHAN KORUPSI PADA PEMERINTAH KOTA PONTIANAK

Tema yang diusung dalam seminar adalah “Pencegahan Korupsi melalui Peningkatan Kualitas Pelayanan Publikdan Pengelolaan APBD”.Hadir juga dalam acara ini Pimpinan SKPD Kota Pontianak, Wakil Ketua DPRD Kota Pontianak, Forkompimda Kota Pontianak, Akademisi, LSM, dan BEM di Pontianak.

Seminar diprakarsai oleh Bidang Pencegahan KPK. Seminar dipandu oleh Prof. Dr. Hermansyah, Akademisi dari Universitas Tanjungpurasebagai Moderator.Narasumber yang hadir antara lain  Walikota Pontianak,H. Sutarmidji, SH, M.Humyang menyampaikan materi “Upaya Pencegahan dan Pemberantasan Korupsi di Kota Pontianak”,  dan dari KPK yagn diwakili oleh Sekjen KPK, Bambang Sapto Pratomosunu denganmateri “Pemberantasan Korupsi melalui Koordinasi dan Supervisi Pencegahan”.

 Dari BPKP hadir Deputi Kepala BPKP Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah – BPKP, Iman Bastari, Ak., M.Acc, CFr.Adengan menyampaikan materi berjudul “Pencegahan dan Pendeteksian Indikasi Korupsi Melalui Penerapan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah(SPIP) dalam Pengelolaan APBD& Probity Audit Pengadaan Barang/Jasa”. Sedangkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Barat, Panijo, Ak., M.M. menyajikan materi yang berkaitan dengan hasil kegiatan pengamatan oleh Tim Korsup terhadap Pelayanan Publik (pada Badan Pelayanan Perijinan Terpadu – BP2T Kota Pontianak dan Dinas Perhubungan Kota Pontianak), Proses Perencanaan dan penganggaran APBD (pada Bappeda, BPKAD, dan DPRD), serta Pengadaan Barang dan Jasa (pada Dinas Pendidikan, Dinas Kesehatan, dan Dinas PU Bidang Bina Marga).

 Seminar ditutup pada pukul 13.30 WIB dengan menggelar konferensi pers dengan media massasetempat.