Sambutan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Sosialisasi Implementasi Kasda Online Ver 2.0

 

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo, Supriyadi didampingi oleh Korwas JFA Bidwas APD, Glenn Davies Siwu menghadiri Sosialisasi Implementasi Kasda Online Versi 2.0.

Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara dan PT Bank SULUTGO mengadakan Sosialisasi Implementasi Kasda Online Ver 2.0.

Acara yang dilaksanakan tanggal 7 Februari 2018 tersebut berlangsung di Hotel Maqna mulai pukul 08.00 Wita, dihadiri oleh Asisten III Bupati Gorontalo Utara Sofyan Djaejun, Kepala Cabang Bank SULUTGO Kwandang Farida serta pejabat Eselon II di lingkungan Pemda Kabupaten Gorontalo Utara. Peserta acara sosilisasi Sosialisasi Implementasi Kasda Online Ver 2.0 berjumlah 150 oarang yang merupakan Bendahara OPD, Sekolah serta Puskesmas Se-Kabupaten Gorontalo Utara. Acara dibuka dengan arahan dari Asisten III Bupati Gorontalo Utara yang mewakili Bupati Gorontalo Utara. Dalam arahannya beliau mengemukakan manfaat dari Kasda Online bagi Pemerintah Daerah yang antara lain adalah:

1.    Mengurangi risiko kesalahan pencantuman nomor rekening dan nama bank tujuan.

2.    Pemerintah Daerah dapat memantau kondisi kas daerah setiap waktu.

3.    Pengendalian terhadap pengeliuaran oleh BUD

4.    Mempermudah BUD membuat laporan pencairan SP2D

5.    Mendekatkan pelayanan Pemda dan Bank.

Setelah arahan dari Asisten III Bupati Gorontalo Utara, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Gorontalo memberikan sambutan yang mengungkapkan bahwa dalam Good Corporate Governance/Good Public Governance dikenal 3 (tiga) pilar yaitu Tata Kelola yang baik, Risk Management, dan Internal Control, ketiga hal ini sangat terkait dengan kegiatan Kasda Online. BPKP telah lama menjalin kerjasama dengan PT Bank SULUTGO dalam hal penerapan Kasda Online lewat Pemerintah Daerah yang ada di Provinsi Gorontalo khususnya Kabupaten Gorontalo Utara. Penerapan Kasda Online ada kaitannya dengan SPIP yaitu mengedepankan alat pengendalian dalam penyelenggaraan keuangan daerah sehingga terjadi tata kelola keuangan yang baik. Dapat dikatakan dikatakan bahwa transaksi non tunai lewat Kasda merupakan salah satu implementasi SPIP.

 

--Glenn Davies Siwu--