BPKP kawal kiprah APIP di Kota Cilegon.

Cilegon (10/2) - Dalam rangkaian koordinasi pengawasan intern, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten berkesempatan menghadiri peresmian gedung perkantoran Pemerintah Kota Cilegon "Graha Edhi Praja" oleh Walikota Cilegon, Drs. H. Edi Ariadi, M.Si. Dalam sambutannya Walikota menyatakan gedung baru yang akan diisi oleh 6 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) merupakan wujud keseriusan Pemkot Cilegon dalam melayani masyarakat. Di samping itu, Walikota Cilegon menyerukan sinergi jajaran pimpinan daerah Kota Cilegon dalam upaya pemberantasan penyebaran Covid-19 dengan mensukseskan program vaksinasi oleh pemerintah.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten, R. Bimo Gunung Abdulkadir sekaligus melakukan koordinasi pengawasan intern dengan Inspektorat Kota Cilegon.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten mengharapkan APIP lebih berkiprah dalam pengawalan akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah yakni sebagai fungsi assurance dan juga consulting. Seperti diketahui bahwa 80% permasalahan pada OPD ada di proses pengadaan barang dan jasa (PBJ), oleh karenanya perlu dilakukan probity audit supaya PBJ dilaksanakan dengan penuh integritas, tepat sasaran, jujur dan sesuai peraturan yang berlaku. Beliau juga menambahkan bahwa BPKP siap mendampingi OPD untuk kembali mengimplementasikan aplikasi SIMDA dalam upaya akuntabilitas pengelolaan keuangan daerah. BPKP Banten mengharapkan dukungan dan komitmen OPD untuk terus meningkatkan kompetensi APIP guna peningkatan Indikator Kinerja Utama (IKU) Kota Cilegon.

Inspektur Kota Cilegon, Epud Syaefudin meyakini koordinasi yang terjalin baik dengan BPKP selama ini semakin meningkatkan kinerja dan kapabilitas APIP di Kota Cilegon.