Dana Desa untuk Kesejahteraan Masyarakat Kabupaten Mamuju

Bertempat di Aula Bupati Lantai III, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat gelar acara Workshop, Monitoring dan Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa. Acara dihadiri oleh Pejabat Sementara Bupati Mamuju, Abdul Wahab Hasan Sulur, Anggota Komite IV DPD RI, Ajbar, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu, Plt. Kepala Bidang Pembinaan Pelaksanaan Anggaran II Pemerintah Kabupaten Mamuju, Ikhwan Mahmud, Kepala Subdirektorat Pengawasan AKPT Pemerintah Desa Wilayah I, Edy Suharto, para Camat, Kepala Desa dan Kasubdit Sistem Informasi Keuangan dan Aset Desa pada Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintah Desa, Nasrullah yang mengikuti acara secara virtual melalui zoom meeting.

Acara dilaksanakan secara langsung dengan tetap menjaga protocol kesehatan dan secara virtual melalui zoom meeting serta live streaming pada akun youtube Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, laporan ketua panitia, sambutan oleh Bupati Mamuju, Penyerahan plakat serta diskusi panel. Dalam sambutannya Abdul Wahab Hasan Sulur antara lain menyampaikan apresiasinya kepada BPKP yang telah menyelenggarakan acara ini yang dapat menjadi salah satu sarana komunikasi terkait tata kelola dana desa.

Pada sesi diskusi panel yang dipandu oleh Kepala BPKAD Kabupaten Mamuju, Budianto Muin selaku moderator diawali dengan pemaparan materi oleh Ajbar yang menyampaikan peran DPD RI dalam pembangunan desa khususnya dalam masa pandemi Covid-19. Ajbar antara lain menyampaikan bahwa telah terbentuk sinergi antara DPD dan BPKP agar tata kelola dana desa semakin baik dan akuntabel. Materi selanjutnya disampaikan oleh Nasrullah secara virtual, terkait pengelolaan APBDesa dalam masa pandemi Covid-19. Pemateri berikutnya, Ikhwan Mahmud dan Hasoloan Manalu berturut-turut menyampaikan materi tentang mekanisme penyaluran dan penggunaan dana desa dan pengawasan atas penyaluran dan penggunaan dana desa. Acara kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan ditutup dengan foto bersama.

Pada sesi siang, rombongan melanjutkan acara di Pulau Karampuang. Acara workshop di Pulau Karampuang dibuka dengan sambutan dari Camat, pemaparan dari Kepala Desa Karampuang, penyampaian gambaran umum pengelolaan dana desa maupun penanganan permasalahan yang timbul dalam pengelolaan keuangan desa oleh Hasoloan Manalu dan Ajbar, serta diakhiri dengan sesi tanya jawab dan sesi foto bersama.

Kominfo Sulbar