Sosialiasasi untuk Perbaikan Pengelolaan Dana BOS

 

Mamuju (19/03/2024)-Perwakilan BPKP Sulawesi Barat mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) yang diselenggarakan di Hotel Lestari Mamuju. Acara tersebut diikuti oleh seluruh Bendahara BOS mulai SD, SMP, dan SMA Se-Mamuju.

Sosialisasi ini menyampaikan Komponen Penggunaan Dana BOS Reguler pada tahun 2023 diantaranya untuk penerimaan peserta didik baru, pengembangan perpustakaan, penyediaan alat multimedia pembelajaran, pembayaran honor, dan beberapa lainnya sesuai dengan regulasi yang telah ditetapkan.

BPKP Sulawesi Barat pada tahun 2023 juga memiliki Agenda Prioritas Pengawasan (APP) sektor Pendidikan diantaranya Evaluasi atas pengelolaan dana BOS regular. Tujuan evaluasi memastikan bahwa penetapan penerima dan penyaluran dana BOS telah sesuai standar, rencana, atau norma yang telah ditetapkan. Serta memberikan gambaran kebermanfaatan dana BOS regular dalam memenuhi kebutuhan operasional sekolah.

Sosialisasi diikuti dengan semangat oleh para peserta. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini dapat meningkatkan Aksesibilitas dan Kualitas Sektor Pendidikan, Alokasi Perencanaan dan Ketepatan Alokasi Dana BOS, Kelancaran Penyaluran Dana BOS, serta Efektivitas Dana BOS dalam mendorong Aksesibilitas Pendidikan untuk tahun 2024.