BPKP Sulteng on the Spot, Latih Kompetensi Pengelola BUMDes

 

Sigi (18/11) Bertempat di Kantor Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Sigi, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Evenri Sihombing, memberikan saran dan dorongan kepada jajaran PMD Kabupaten sigi, Pendamping Desa dan Pengurus BUMDes terkait tata kelola BUMDes yang baik diantaranya kompetensi penyusunan Laporan Keuangan BUMDes yang sederhana. Dalam kegiatan tersebut, Kepala Perwakilan didampingi langsung Korwas AN, Hendro Novianto Sujarwo, untuk memberikan bimbingan langsung penyusunan laporan keuangan BUMDes. Antusiasme pengurus BUMDes cukup tinggi dan dalam pelatihan singkat tersebut, beberapa BUMDes berhasil difasilitasi menyusun laporan keuangan BUMDes yang sederhana.

Pada kesempatan ini, Pendamping Desa menyampaikan perlunya dukungan dari BPKP terkait mengubah mindset dari Pengurus BUMDes dan aparatur desa, terutama bahwa penyertaan modal desa ke bumdes merupakan modal untuk dikembangkan dan dikelola secara akuntabel dan transparan untuk mendorong kemampuan pendanaan desa, bukan dibiarkan menghilang tanpa jejak. Pergantian pengurus BUMDes terutama yang sudah dipandang kompeten agar diatur dalam regulasi tersendiri sehingga tidak dengan mudahnya diganti ketika terjadi pergantian kepala desa yang akhirnya berdampak pada kinerja BUMDes tersebut. Evenri, menyampaikan agar PMD dan Pendamping Desa membuat target triwulanan, semester atau tahunan berapa BUMDes yang sudah mampu mandiri mengelola sumber daya desa dan penyertaan modal tersebut benar-benar memberikan dampak ekonomis bagi desa.

“BUMDes jangan dibiarkan layu dan mati pelan-pelan! “Tugas kita harus mendorong BUMDes hidup dan menjadi unit ekonomi yang mampu mendorong kesejahteraan masyarakat desa”, ujarnya. “Lakukan identifikasi permasalahan, lakukan pendekatan sosial kultural dan kearifan lokal, diarahkan kegiatan pada bidang yang menjadi andalan di desa tersebut, apakah wisata, pertanian, peternakan, transportasi, pengolahan hasil tani, simpan pinjam, dan lain-lain”. “Latih aspek keuangan dan pembukuan, PMD memfasilitasi dari aspek modal, pemasaran, pengolahan usaha dengan melibatkan instansi teknis terkait!”   Evenri juga menantang para Pendamping Desa untuk membuat BUMDes yang berhasil baik dari sisi omzet, tata kelola dan penyusunan laporan keuangan. BPKP Sulteng bersedia memberikan pelatihan gratis kepada pengurus BUMDes dan PMD Sigi diharapkan dapat memfasilitasi rencana kegiatan dimaksud.

BPKP Sulteng Hadir! BPKP Bermanfaat!

 

Kominfo BPKP Sulteng, Hendro Novianto/ Naufal