BPKP JATENG CEK FISIK VAKSIN

Semarang (8/9) - Dalam rangka kegiatan pelaksanaan distribusi dan pengelolaan persediaan vaksin, Tim Perwakilan BPKP Jateng berkesempatan melakukan cek fisik vaksin di gudang farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah di Semarang.

Tim Perwakan BPKP Jateng menyampaikan bahwa pada suhu 6 derajat, tim menghitung seluruh vaksin yg ada di gudang tersebut. Itulah salah satu tugas kita saat ini. Memastikan bahwa saldo vaksin secara fisik sama dengan catatannya. Tidak kurang dan tidak lebih.

Tim menambahkan dari gudang vaksin ini, dikirim dari pusat dan  berikutnya vaksin didistribusikan ke gudang farmasi milik dinkes kabupaten atau kota, kita menyebutnya kako. Dari gudang kako nantinya akan didistribusikan lagi ke fasyankes. jadi cukup panjang prosesnya.

Tim menegaskan bahwa untuk tingkat kako audit dilaksanakan oleh APIP. Sedangkan di Jawa Tengah sendiri ada 29 Kabupaten dan  6 Kota. Diharapkan kegiatan ini tuntas pada tgl 17 September 2021 dan kompilasi berakhir tanggal 22 September 2021 seluruh Indonesia, Pungkasnya.

(Kominfo BPKP Jateng Tok/Din)