Sinergi APIP se-Sumbar Kawal Akuntabilitas Keuangan Negara

.

PADANG - Konferensi Wilayah Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) Provinsi Sumatera Barat Tahun 2021 bertema “Sinergi Pengawasan antar Aparat Pengawas Internal Pemerintah (APIP) dalam rangka mengawal akuntabilitas keuangan negara dan daerah” telah diselenggarakan di Pangeran Beach Hotel pada Kamis (16/9).

Acara dibuka oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat. Dalam sambutannya, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Hansastri mengharapkan adanya langkah konkrit dalam upaya peningkatan kapabilitas APIP sehingga dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan melayani, serta  dapat meningkatkan kepercayaan publik serta sebagai pengawas internal.

"APIP dapat berperan aktif dalam mendukung setiap keputusan menteri, kepala lembaga, dan kepala daerah dalam mengatasi seluruh tantangan yang ada dan mewujudkan pemerintah yang bersih. Kegiatan ini juga sebagai sarana yang tepat untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi antar APIP, agar dapat saling padu dan harmonis dalam menjalankan program-program kerja pengawasan,” ungkap Sekda Sumbar.

Acara dilanjutkan dengan Pembentukan Dewan Pengurus Wilayah (DWP) AAIPI Wilayah Sumatera Barat Periode 2021-2024. Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Dessy Adin, terpilih menjadi Ketua Umum AAIPI Wilayah Sumatera Barat Periode 2021-2024. Ia berharap APIP mampu meningkatkan kapabilitas dalam hal; melaksanakan value audit for money atau audit kinerja untuk memastikan efisiensi, efektivitas dan ekonomis dari program strategis maupun kegiatan organisasi pemerintah serta memberikan konsultansi dan pemberian advis yang solutif bagi mitra dan stakeholder.

APIP juga didorong untuk memiliki personil dengan kompetensi yang bersertifikasi. Pengawasan intern yang dilakukan telah berbasis risiko, dari sisi perencanaan (PPBR) maupun dalam pelaksaaan auditnya sehingga sumber daya dapat digunakan secara efektif dan efisien. Selain itu, APIP harus melakukan penjaminan kualitas dengan melalui kegiatan telaah sejawat secara berkala sesuai pedoman yang dimiliki.

Konferensi dihadiri oleh Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat Hansastri, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Barat Dessy Adin, Plt. Inspektur Provinsi Sumatera Barat Betty Vetria, Irwasda Polda Sumbar, Asisten Pengawasan Kajati Sumbar, SPI Universitas, serta Inspektur kabupaten/kota di wilayah Sumatera Barat. Acara dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) terkait permasalahan dan isu strategis yang dihadapi APIP dan ditutup dengan penyampaian materi SPIP terintegrasi.

(Tim Kominfo BPKP Sumbar)