PENGUKUHAN KEPALA PERWAKILAN BPKP PROVINSI SUMATERA UTARA OLEH PJ GUBSU

Medan(15/1) Pelaksana Jabatan Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Hassanudin mengukuhkan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara yang baru. Farid Firman dilantik menggantikan Kepala Perwakilan yang lama Kwinhatmaka yang diamanahkan untuk menjadi Kepala Perwakilan di Perwakilan BPKP Provinsi Riau. Farid Firman sendiri sebelumnya menjabat sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Banten.
 
Pelantikan dihadiri oleh tamu undangan yang datang dari berbagai bidang diantaranya dihadiri oleh ketua DPRD Provinsi Sumatera Utara, Forkopimda Sumatera Utara, Kepala Perwakilan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kepala Kantor Wilayah Hukum dan Ham Provinsi Sumatera Utara, Kepala Kantor Instansi Verifikasi, Staf Ahli Gubernur Sumatera Utara, Asisten Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara, Inspektur Provinsi Sumatera Utara, Inspektur Kabupaten/Kota se Provinsi Sumatera Utara, Kepala Dinas dan Kepala Badan di Wilayah Sumatera Utara, Kepala Balai Sumatera Utara, Kepala Radio Republik, Kepala TVRI Sumatera Utara, dan Direksi BUMN/BUMD atau yang mewakili.
 
Deputi Kepala BPKP Bidang Akuntan Negara, Sally Salamah hadir secara langsung dan turut menjadi saksi pengukuhan Kepala Perwakilan yang baru. Dalam kesempatan tersebut Sally juga turut memberikan sambutan mewakili Kepala BPKP. Dalam sambutannya Sally menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada Gubernur Sumatera Utara, Wali Kota/Bupati, serta pejabat lainnya di Sumatera Utara atas sinergi dan kerja sama dengan BPKP serta capaian yang telah diraih selama kepemimpinan Kwinhatmaka dapat ditingkatkan lagi.
 
Dalam rangka mengawal kegiatan pembangunan di Wilayah Sumatera Utara, BPKP telah melakukan kegiatan yang menjadi perhatian diantaranya, Reviu kepatuhan Program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN), Penanganan Inflasi Daerah, Penurunan Stunting, Pengentasan Kemiskinan, serta Peningkatan Tata Kelola Pemerintah Daerah dan Desa. Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara turut menjaga dan mengawal kegiatan agenda prioritas pembangunan nasional yang sejalan dengan misi Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Sally juga menjelaskan kegiatan pengawasan Agenda Prioritas Pengawasan (APP) yang dilakukan BPKP mencakup Pembangunan SDM yang berkualitas, Pengawasan Pembangunan Infrastruktur, Pengawasan Pembangunan Ekonomi, Serta Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah yang baik dan bersih.
 
Tidak hanya itu, Sally juga menyampaikan bahwa BPKP telah melaksanakan kegiatan-kegiatan pengawasan intern strategis untuk mengawal tata Kelola pemerintah daerah yang lebih baik, dintaranya Evaluasi efektifitas penggunaan transfer daerah, Pengawasan atas pengendalian inflasi daerah, Evaluasi atas pengendalian inflasi daerah, serta evaluasi perencanaan dan penganggaran daerah tahun anggaran 2023. Akhir sambutan Ia mengajak semua pihak untuk terus mempertahankan dan meningkatkan kerja sama guna memberikan pelayan yang terbaik. “Mari kita bekerja sama untuk menuju Indonesia Maju 2045” tutur Sally.
 
Sambutan dilanjutkan oleh PJ. Sumatera Utara. Hassanudin mengucapkan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara yang lama, Kwinhatmaka atas segala komunikasi, koordinasi, kerja sama dan kemitraan yang telah dibangun, dikembangkan dan dibina antara BPKP Perwakilan Provinsi Sumatera Utara dengan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan 34 Pemerintah Daerah. Hassanudin juga mengatakan bahwa BPKP juga sangat berperan dalam membangun dan mengembangkan serta membina kapasitas inspektorat Provinsi dan kabupaten. Hasanudin menyampaikan ucapan selamat datang kepada Farid Firman sebagai Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera yang baru.  “mari kita meningkatkan kerja sama yang telah dibangun” ucap Hassanudin. Usai seluruh sambutan, Acara diakhiri dengan penyerahan Laporan Kinerja Tahun 2023 dan serah terima jabatan serta foto bersama. 
 
(Humas BPKP Sumut)