Perwakilan Tingkatkan Tata Kelola Sawit dengan Koordinasi

Medan(08/11) – Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara menjadi tuan rumah pelaksanaan Audit Tujuan Tertentu atas audit tata Kelola sawit wilayah Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang bersumber dari Direktorat Investigasi III BPKP. Kegiatan berlangsung selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 8 sampai dengan 10 November 2023. Pembukaan dilaksanakan di Aula Soedarjono kantor perwakilan BPKP Sumatera Utara.  

Pembukaan diawali dengan sambutan dari Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Utara, Kwinhatmaka. Dalam sambutannya, Kwinhatmaka mengucapkan selamat datang kepada seluruh peserta koordinasi yang datang dari berbagai perwakilan. Usai sambutan dari Kwinhatmaka, acara secara resmi dibuka oleh Direktur Investigasi III Deputi Bidang Investigasi, Gumbira Budi Purnama.

Ada 20 perwakilan yang mengikuti kegiatan tersebut diantaranya perwakilan Aceh, Perwakilan Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Bengkulu, Jambi, Lampung, Kepulauan Riau, Bangka Belitung, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, DKI Jakarta, Banten, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara. Pengawasan Tata Kelola Sawit merupakan salah satu dari agenda prioritas pengawasan tahun 2023 di triwulan 3 dan 4 yang harus dioptimalisasikan pendapatannya.

Topik yang menjadi pembahasan dalam kegiatan tersebut diantaranya membahas tentang kondisi sawit dalam kawasan hutan, perubahan mekanisme tarif PNBP sawit dalam kawasan hutan, program peremajaan sawit rakyat, fasilitas kebun masyarakat, kendala dalam pelaksanaan penyelesaian kewajiban fasilitas kebun masyarakat, dan pendapatan industri kelapa sawit. Seluruh kategori ini menjadi perhatian yang serius untuk dapat dioptimalkan dengan baik.

(Kominfo BPKP Sumut)