Iman Bastari: Pegawai yang Dipekerjakan adalah Agen Perubah di Pemda

Kunjungan Deputi Pengawasan Bidang Penyelenggaraan Keuangan Daerah, Iman Bastari ke BPKP Sumatera Selatan diawali dengan kunjungan ke Pemda Banyuasin. Iman menghadiri acara pertemuan dengan Pejabat Pemkab Banyuasin dengan topik Current Issue Tentang Perbaikan LKPD.

Kunjungan ke Banyuasin merupakan tindak lanjut dari MOU antaran BPKP Sumsel dengan Pemkab Banyuasin tentang Penerapan Tata Kelola Kepemerintahan yang Baik.

Selain ke Banyuasin, Deputi selaku Deputi Pembina mengunjungi kantor BPKP Sumatera Selatan untuk berdialog dengan karyawan dan seluruh pegawai yang dipekerjakan se Sumsel dan Kepulauan Bangka Belitung.

Kepada karyawan, Iman selaku Deputi Pembina berpesan bekerja professional, apalagi sudah mendapat tunjangan kinerja. Pemberian tunjangan kinerja akan dievaluasi terhadap capian masing-masing jabatan, terhadap yang tidak memenuhi target bisa berpengaruh terhadap pemberian tunjangan kinerja berikutnya.

Pegawai yang dipekerjakan-pun diminta untuk menjadi agent of change di masing-masing pemda tempat mengabdi sekarang. Pegawai ini mempunyai tanggung jawab mengelola pengelolaan keuangan daerah yang baik ditandai dengan opini audit BPK yang baik dan meningkat menuju WTP.

Berdasarkan laporan Kepala Daerah yang dikunjungi, mereka merasa terbantu dengan kehadirannya pegawai BPKP yang dipekerjakan. Kondisi ini harus tetap dipertahankan dan ditingkatkan kinerjanya.

Deputi berpesan agar alumni STAN yang sekarang berada di BPKP, BPK, Pemda bersinergi memperbaiki pengelolaan keuangan daerah yang baik. Perlu disusun langkah konkrit dan efektif mengelola keuangan daerah terutama menuju WTP.

Saat mengunjungi Lab SIMDA di BPKP Sumsel, Deputi menyarankan kepada Pegawai yang dipekerjakan agar memanfaatkan Lab Komputer ini untuk melatih pegawainya berkaitan dengan SIMDA. Mengingat SIMDA merupakan sistem yang sangat membantu pengelolaan keuangan ini.

Yang tidak kalah penting adalah komunikasi antara Pemda-BPKP-BPK RI dalam pengelolaan keuangan daerah menuju WTP harus terjalin. Hal inilah yang dilakukan Iman Bastari bersama Kaper BPKP Sumsel dengan mengunjungi BPK RI Perwakilan Sumsel sebagai langkah terobosan untuk mensinergikan ketiga pihak tersebut.

Hadir saat pertemuan di kantor BPKP selain karyawan yaitu Kepala Biro, Kepala Dinas, dan Inspektur Pemkab/Pemkot yang berasal dari BPKP.

(Humas Sumsel)

ARSIP BERITA