Rapat Kerja BPKP Sumsel dan PT KAI (Persero) Tinjau PSN KA Logistik Langsung dari Kereta

(PALEMBANG (21/12/23) Rabu, 21 Desember 2023, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, Sofyan Antonius, melakukan kunjungan kerja ke PT KAI Divre III Palembang didampingi oleh Korwas IPP 1, Taufik Anwar, Pengendali Teknis Dwi Agus Santoso, Ketua Tim, Emmy Elyawati serta para Auditor Muh. Iqbal dan Andi M. Pesona yang disambut langsung oleh Executive Vice President of Project Development PT KAI (Persero) Muhamad Abrar. Rapat kerja kali ini, PT KAI (Persero) sekaligus meninjau langsung PSN KA Logistik Lahat -Kertapati  menggunakan Kereta Api Inspeksi Sriwijaya (KAIS) dari Stasiun Kertapati, Palembang menuju Stasiun Baturaja.
 
Pembangunan Proyek Strategis Nasional (PSN) Kereta Api Logistik Lahat – Muara Enim – Prabumulih – Tarahan/Lampung dan Prabumulih – Kertapati. Perjanjian konsesi KA Logistik Segmen 1 (Lahat-Kertapati) telah ditandatangani oleh  Direktorat Jenderal Perkretaapian Kementerian Perhubungan dengan PT. KAI (Persero).Diharapkan kerjasama konsesi senilaibRp5,074 Triliun ini akan memberikan nilai tambah pada bagi Pemerintah selaku regulator dan BUMN dalam hal ini PT. KAI (Pesero), Pemda, dunia usaha  serta masyarakat Sumatera Selatan yaitu dengan meningkatkan volume angkutan batu bara dari 35 juta ton pada tahun 2019 menjadi 105,3 juta ton pada tahun 2030 dan multliplier effect lainnya.   BPKP Sumsel merupakan salah satu mitra kerja PT. KAI (Persero) dalam hal ini telah berperan aktif dalam melakukan pengawalan pelaksanaan PSN KA Logistik.
 
 
Muh. Abrar, dalam Rapat Kerja ini menyatakan terima kasih atas kunjungan kerja BPKP kali ini. Diharapkan pengawasan oleh BPKP dapat bermanfaat, terutama untuk perkembangan perekonomian di Sumatera Selatan. 
 
Turut hadir dalam rapat kerja ini Deputy Executive Vice President PT KAI Divisi Regional III Palembang, Mohamad Ramdany, Vice President of Sumatera Region Project PT KAI, R. Mohamad Tomy Trijaya, Vice President of Project Planning PT KAI, Bachoirullazi, dan Vice President of Strategic Business Planning PT KAI, Fadly Zuldan.