Kaper BPKP Sumsel Paparkan Peran SPI Menuju Good University Governance di Universitas Sriwijaya

INDRALAYA (19/12) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, Sofyan Antonius, menjadi narasumber dalam acara Sosialisasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) dan Peran Strategis SPI menuju Good University Governance serta Pengenalan Aplikasi Siwaspin di Universitas Sriwijaya, Sumatera Selatan, didampingi Koordinator Pengawasan Bidang Instansi Pemerintah Pusat, Ulu Sembiring, Pengendali Teknis, Subagio dan Auditor, Erwin Tarzani.
 
Rektor dalam hal ini diwakili oleh Plt. Wakil Rektor  II Bidang Umum, Kepegawaian, dan Keuangan, Dr. Tertiarto Wahyudi, MAFIS,Ak.,CA.,CPA. dalam sambutannya menyatakan rasa terima kasih atas kehadiran BPKP dalam acara ini.
 
Sofyan Antonius dalam paparannya yang berjudul SPIP dan Peran SPI dalam Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi Menuju Good University Governance banyak menyoal mengenai tahapan dan uraian mengenai pengelolaan keuangan negara khususnya di lingkungan universitas. Dimana peran SPI menjadi sangat penting demi mencapai tujuan organisasi melalui kegiatan yang efektif dan efisien, keandalan pelaporan keuangan, pengamanan aset negara dan ketaatan pada ketentuan perundang-undangan.
 
Termasuk dalam hal pengadaan barang dan jasa di lingkungan universitas, peran pengendalian intern diharapkan dimulai dari tahap perencanaan hingga serah terima hasil pekerjaan. Adapun titik kritis dan risiko juga dapat muncul sejak dari perencanaan. Disinilah peran BPKP sebagai Auditor Internal Pemerintah membina penyenggaraan Sistem Pengenalian Intern Pemerintah hadir dan bersinergi dengan stakeholder sesuai amanat PP 60 Tahun 2008 Tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah.
 
Adapun peserta yang hadir dalam kegiatan ini yaitu para Dekan, Wakil Dekan I dan II masing masing fakultas, para Kepala Biro, para direktur, para Kepala UPT, para Kepala Bidang dan para Pejabat Pembuat Komitmen  (PPK) di lingkungan Universitas Sriwijaya.